Kamera 360 mungkin memang nggak sepopuler beberapa tahun lalu. Tapi tipe kamera jenis ini tetap ada. Ricoh adalah salah satu pemain lama yang mempertahankan lini kamera 360 mereka yaitu Theta.

Perusahaan tersebut memberikan pembaharuan buat seri Theta SC yang dilanjutkan ke versi 2. Theta SC 2 punya banyak fitur baru namun tetap dengan harga jual yang terjangkau.

Salah satu yang patut untuk digarisbawahi adalah kemampuan perekaman videonya yang semakin baik. Kini kamera dengan sensor CMOS 1/2.3 inci beresolusi 14MP ini bisa mereka video dengan kualitas 4K di 30p. Sebelumnya Theta SC hanya bisa merekam di resolusi Full HD.

Tentu perekaman 4K membutuhkan space penyimpanan yang lebih besar. Tak perlu khawatir karena memori internal Theta SC 2 ada 14GB untuk dimanfaatkan. Tapi tentu saja loe tetap bisa memperluasnya dengan microSD.



Ricoh juga menambahkan mode pengambilan gambar anyar di kamera ini. Sebut saja Face Mode, Night View, dan Lens-by-lens exposure. Ketiganya akan jadi fitur menarik buat yang doyan foto-foto dengan kamera ini.

Yang ikonik dari seri Theta termasuk SC 2 ini adalah ukurannya yang tetap compact tetapi dengan fitur yang kaya. Theta SC 2 dilengkapi dengan layar OLED kecil dan tombol self-timer, konektivitas Bluetooth dan WiFi pun tersedia.

Kamera ini dibanderol USD 299.95 atau sekitar Rp 4,2 jutaan. Ada tiga pilihan warna ketika kamera ini dijual Desember nanti yaitu pink, biru, beige, dan putih.