Steve Jobs ternyata punya keinginan untuk ditambahkan ke ponsel iPhone sebelum dia meninggal. Dan keinginan itu masih rahasia sampai baru-baru ini dibeberkan lewat sebuah buku.

Ternyata Steve Jobs menginginkan agar iPhone punya tombol back (back button). Tombol yang akrab di ponsel-ponsel Android keluaran Samsung dan beberapa brand lainnya.

Rahasia ini diungkapkan lewat sebuah buku oleh Brian Merchant yang berjudul 'The One Device: The Secret History of iPhone'. Di dalam buku itulah dituliskan keinginan Jobs untuk membenamkan permanen tombol back tersebut.



Sayangnya Jobs nggak bisa melakukan niatnya itu. Karena terjadi sebuah perdebatan di antara tim perancang iPhone yang dikepalain oleh Imran Chaudhri dengan Steve Jobs.

Argumen Steve Jobs kalah dalam perdebatan dengan tim pengembang lainnya. Makanya sampai sekarang nggak ada deh itu tombol back di iPhone dan iPad.

iPhone dan iPad selama ini hanya memiliki tombol Home dan volume up & down. Walaupun kabarnya tahun ini iPhone akan membuang tombol home tersebut.