Kabar baik nih buat para pecinta game klasik alias jadul! Apalagi buat loe yang sudah menjadi penggemar game-game Sega sejak lama. Perusahaan asal Jepang tersebut rencananya akan merilis versi mini dari konsol jadul mereka Sega Genesis.

Yap! Sega Genesis Mini, seperti halnya Sony PlayStation Mini dan NES Mini merupakan keluaran terbaru dari Sega yang siap dimainkan di masa modern saat ini. Harganya pun terbilang sangat murah, hanya USD 80 atau sekitar Rp 1,1 jutaan.

Sega Genesis akan dirilis dalam dua versi berbeda. Yaitu versi Amerika dan versi Jepang. Masing-masing versi yang dijual di dua negara ini juga punya paket yang berbeda-beda pula. Termasuk game yang tertanam di dalamnya.

Di Amerika, Sega Genesis Mini dijual secara paket dengan dua stik alias kontroler. Sementara di Jepang, konsol ini dijual dengan nama Mega Drive Mini dan terdiri dari dua paket. Yaitu paket satu kontroler seharga JPY 6.980 atau sekitar Rp 890 ribuan dan paket dua kontroler seharga JPY 8.980 atau sekitar Rp 1,1 jutaan.

Ada perbedaan kontroler di antara versi dua negara. Versi Amerika hanya punya tiga tombol yaitu A, B, C dan D-pad sementara versi Jepang punya enam tombol yaitu A, B, C, X, Y, Z dan D-pad.

Yang pasti, kedua konsol sudah didukung oleh port HDMI, USB, slot cartrdige untuk kaset, kabel daya dan adapter. Loe juga bisa langsung memainkan 40 game yang sudah diinstal secara default di dalam konsol ini. Di antaranya:

Sega Genesis Mini (Amerika):
– Ecco the Dolphin 
– Castlevania: Bloodlines 
– Space Harrier II 
– Shining Force 
– Dr. Robotnik’s Mean Bean Machine 
– ToeJam & Earl 
– Comix Zone 
– Sonic the Hedgehog 
– Altered Beast 
– Gunstar Heroes 

Mega Drive Mini (Jepang):
- Castlevania Bloodlines 
- Comix Zone 
- Gunstar Heroes 
- Madou Monogatari Ichi 
- Powerball 
- Puyo Puyo 2 
- Rent-a-Hero 
- Shining Force 
- Sonic 2 
- Space Harrier II