‘Smart Ring’ Ini Bisa Bantu Deteksi COVID-19?

LAZONE.ID - Atlet di Amerika Serikat bahkan disarankan menggunakannya

Sudah beberapa bulan sejak hampir seluruh dunia melakukan karantina di wilayah negara dan regional masing-masing. Sekarang, satu per satu negara-negara tersebut mulai memulihkan kegiatan secara perlahan. Di Eropa, hampir seluruh kompetisi liga sepak bola udah mulai bergulir lagi. Begitupun di Amerika Serikat yang rencananya bulan depan bakal mulai melanjutkan NBA, liga basket nasional negara tersebut.

Di tengah persiapan banyak wilayah menghadapi new normal, ada sebuah gadget yang mencuat ke permukaan karena diklaim mampu membantu deteksi awal COVID-19, Bro!

Gadget tersebut adalah Oura Smart Ring. Yap, sebuah cincin yang ditanami chip dan bekerja layaknya sebuah smartwatch. Oura Ring diklaim mampu membantu deteksi dini virus yang menyebabkan pandemi ini Bro.



Oura Ring punya fungsi yang mirip dengan sebuah smartwatch. Gadget mungil satu ini bisa terhubung lewat aplikasi dan membantu lo mendeteksi kebugaran tubuh, seperti detak jantung, jumlah langkah, bahkan suhu tubuh. Mirip dengan fitur fitness dan health tracker yang dimiliki oleh smart watch.

Jadi Bro, cara kerjanya adalah Oura Ring ini bakal mendeteksi suhu tubuh orang-orang yang memakainya dan mengkombinasikan data tersebut dengan detak jantung per menit dari sang pengguna. Melalui algoritma yang ada, Oura Ring bakal memberikan peringatan kalau lo sebagai penggunanya tercatat mengalami anomali atau kelainan dalam catatan fitness tracking.

Anomali kinerja dalam tubuh emang bisa terjadi sebagai bentuk respon terhadap infeksi yang terjadi di organ-organ penting tubuh manusia. Prinsip itulah yang digunakan oleh Oura Ring untuk menjadi alat bantu deteksi dini covid-19 di masa new normal nanti.

Bahkan, di Amerika Serikat pihak otoritas NBA berencana mewajibkan para pemain mereka menggunakan Oura Ring untuk deteksi suhu tubuh dan detak jantung selama masa kompetisi.

Minat Bro? Gadget satu ini lebih simple dan tentunya jauh lebih ringkas daripada smartwatch buat lo yang mungkin gak suka bentuk smartwatch yang lebih tebal dari jam tangan biasa.