Sony meluncurkan smartphone terbarunya lewat sebuah event online. Mengingat event Mobile World Conress (MWC) 2020 yang dibatalkan terkait virus corona.

Dalam event tersebut Sony memperkenalkan Xperia 1 II (Xperia One Mark Two). Sebuah smartphone paling canggih Sony karena didukung spesifikasi yang mumpuni.

Di antaranya prosesor Snapdragon 865 yang paling baru. Prosesor ini sudah mendukung jaringan 5G dan Xperia 1 II memiliki konektivitas 5G sib-6 Ghz.

Layarnya berukuran 6,5 inci dengan resolusi 3840 x 1664 di aspect ratio 21:9. Tetap terlihat lebih panjang dari kebanyakan smartphone. Meski modern namun Sony tetap menyediakan colokan 3,5mm di ponsel ini untuk headphone.

Di sektor kamera, Sony membekali smartphone-nya dengan tiga kamera. Di antaranya kamera utama 12MP (wide), kamera telephoto 12MP, dan kamera ultra wide 12MP. Kamera depannya beresolusi 8MP.

Lensa kameranya merupakan buatan Zeiss. Ada banyak teknologi kamera mirrorless Sony yang dibawa ke lensa kamera smartphone ini. Salah satunya adalah Eye-AF yang bisa mengunci fokus mata subjek.

Sony Xperia 1 II didukung oleh RAM 8GB dan ROM 256GB. Baterainya 4000mAh dengan dukungan fast charging serta sertifikasi IP68 yang membuat ponsel ini tahan debu dan air.

Kabarnya ponsel ini dibanderol Rp 18 jutaan di Eropa. Baru akan dirilis akhir April mendatang.