Teknoup.com --- Sony baru saja memperkenalkan sebuah proyek baru untuk konsol PlayStation 4. Proyek yang disebut Morpheus tersebut merupakan prototipe sistem Virtual Reality (VR) yang digunakan untuk bermain game secara lebih realistis. Project Morpheus telah dikembangkan selama lebih dari 3 tahun dan akhirnya akan didemokan dalam Games Development Conference (GDC) yang berlangsung di San Francisco.

Project Morpheus menggunakan dua buah layar dengan resolusi 960 x 1080 piksel untuk masing-masing mata pemain atau total resolusi 1920 x 1080 piksel dengan tampilan 90 derajat. Tampilan stereoskopik digunakan untuk meningkatkan perasaan bermain secara 3 dimensi dan membuat pemain seakan-akan menjadi bagian dari permainan itu sendiri.

Morpheus menggunakan akselerometer dan giroskop, ditambah PlayStation Camera untuk mengikuti gerakan kepala pemain sehingga dapat direspons oleh game. Kontroler PlayStation Move juga dapat digunakan dalam sebuah game untuk menjadi senjata seperti pedang sehingga pengalaman bermain akan lebih realistis. Morpheus juga memakai sistem suara 3D surround agar suasana lingkungan lebih terasa nyata.

Project Morpheus saat ini masih dalam tahap pengembangan dan Sony berencana merilis SDK untuk pengembang termasuk dukungan hardware bagi game yang akan dibuat nantinya.