Kabar gembira untuk pecinta kamera Sony. Buat yang nggak ingin ribet dengan kegiatan gonta-ganti lensa, perusahaan asal Jepang itu meluncurkan kamera saku yang punya kemampuan seperti kamera mirrorless.

Kamera ini bernama RX100 VII. Kamera ini adalah generasi ketujuh dari seri RX100 yang dirilis perdana tahun 2012 lalu. Seperti apa sih spesifikasinya?

Sony RX100 VII menggunakan chip pengolah gambar Bionz X. Chip yang sama yang digunakan untuk mirrorless Sony Alpha A9. Selain itu, ada fitur continuous shot hingga 20 frame per detik dengan tracking AF dan AE.

Secara sistem autofokus, kamera ini punya titik phase detect AF sebanyak 357 titik dan contrast detect 425 titik. Selain itu, untuk ukuran kamera saku kecepatan penguncian fokusnya hanya 0,02 detik sehingga diklaim paling cepat di dunia.



Resolusi kameranya 20,1 MP dengan rentang foca length 24-200 mm (setara full frame). Aperture lensa kamera ini ada di rentang f/2.8-4.5. Sony juga menyertakan jack audio 3,5mm untuk mikrofon eksternal. Dalam paket penjualannya disertakan juga Shooting Grip kit.

Kamera ini dibanderol Rp 18,2 jutaan (untuk bundle dengan shooting grip). DAn Rp 16,8 juta untuk kamera saja. Penjualan dilakukan mulai Agustus.