Sony Umumkan Tanggal Rilis dan Harga PS5

LAZONE.ID - Setelah penantian panjang!

Sony akhirnya mengumumkan tanggal perilisan buat konsol terbarunya PlayStation 5. Tidak hanya itu, harga dari PlayStation 5 juga diberitahukan lewat sebuah event berjudul PlayStation 5 Showcase.

Dalam event ini, Sony kembali mengkonfirmasi kehadiran dua tipe PlayStation 5 yang sudah diumumkan sebelumnya. Yaitu PlayStation 5 Standard Edition dan PlayStation 5 Digital Edition. Dua tipe konsol ini dibedakan oleh CD Drive di masing-masing konsolnya.

Soal harga, Sony mengkonfirmasi banderol resminya, PlayStation 5 Standard Edition akan dibanderol USD 499 atau sekitar Rp 7,3 jutaan. Banderol yang diberikan Sony buat PlayStation 5 Standard Edition (konsol dengan slot CD) sama dengan harga Xbox Series X yang diumumkan Microsoft beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu untuk PlayStation 5 Digital Edition (yang tidak punya slot CD dan hanya bisa memainkan game yang dibeli secara digital) dibanderol dengan harga yang lebih murah. Versi ini dibanderol USD 399 atau setara sekitar Rp 5,9 jutaan. Harga ini USD 100 lebih mahal dari Xbox Series S yang dijual USD 299 atau sekitar Rp 4,4 jutaan.

Ketersediaan konsol PlayStation 5 di beberapa negara sudah bisa ditemui 12 November 2020. Beberapa negara yang akan kedapatan duluan konsol ini adalah Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

19 November 2020 barulah Sony bakal merilis PlayStation 5 ke seluruh dunia.

PS5 ditenagai CPU custom delapan core dengan arsitektur AMD Zen 2. Kedelapan core tersebut bergerak dengan kecepatan 3,5 GHz.

Di sisi GPU, PS5 menggunakan AMD RDNA 2 dengan 36 compute unit yang masing-masing kecepatannya 2,23 GHz. Dengan spek GPU ini kekuatan yang dihasilkan bisa maksimal di 10,28 teraflop.

PS5 akan ditenagai RAM sebesar 16GB dengan tipe GDDR6. Sementara media penyimpanannya menggunakan SSD custom yang kapasitasnya 825GB. Kolaborasi antara keduanya menjanjikan kecepatan loading game yang luar biasa bro.

Sony mengklaim loading game di PS5 hanya butuh waktu satu detik saja lho! Ini jauh lebih cepat dari PS4 dan konsol yang sebelumnya. Loe akan bisa memainkan game PS4 di konsol PS5. Namun media penyimpanannya harus terpisah.