Tentang Kamera ‘Tembus Pandang’ Milik OnePlus 8 Pro

LAZONE.ID - Bikin para penggunanya resah

Smartphone dan kamera udah gak bisa dipisahkan sejak tren gadget ini menjamur pada dekade 2000an. Sejak saat itu juga setiap brand berlomba mengembangkan teknologi terbaru untuk bisa menghadirkan smartphone canggih, yang tentunya disertai kamera yang kece abis.

Mungkin lo tau brand seperti Apple, Google Pixel, dan Samsung jadi barang yang mendominasi soal kualitas kamera smartphone di pasaran. Gak salah Bro, Apple dan Samsung sebagai market leader emang udah sejak lama bertarung di dengan inovasi masing-masing di tingkat teratas. Sedangkan Google sebagai pemilik sistem operasi Android juga mengembangkan teknologi terbaik milik mereka.

Ngomong-ngomong soal kamera smartphone nih Bro, belakangan ini ada satu brand yang lagi bikin heboh. Brand tersebut adalah OnePlus dengan kamera yang tertanam pada perangkat OnePlus 8 Pro mereka. Warganet dihebohkan oleh OnePlus 8 Pro yang bisa menghasilkan gambar tembus pandang melalui plastik, kain, atau bahan sejenis.

Wah, canggih banget! Tapi apa iya kamera tersebut bener-bener tembus pandang? Gini faktanya Bro.



OnePlus 8 Pro yang membawa 4 lensa berbeda dengan teknologi super canggih bikin smartphone tersebut jadi salah satu perangkat dengan kamera terbaik yang ada saat ini. Keempat lensa tersebut terdiri dari kamera utama dan lensa ultra wide angle  beresolusi 48MP, kamera hybrid zoom 8MP, dan color filter camera dengan resolusi 5MP.

Nah, sensor di kamera yang gue sebutkan terakhir tadilah yang bertanggung jawab atas kehebohan yang terjadi seputar brand ini, Bro. Jadi, gambar yang dihasilkan oleh kamera ponsel ini bisa terlihat seolah-olah tembus pandang menggunakan permainan pada filter warna kamera.

Gak semua lapisan kain dan plastik ternyata bisa “ditembus” oleh kamera ini, Bro. Cuma kain dan plastik hitam yang lumayan tipis lah yang bisa dimanipulasi oleh filter warna tersebut. Itupun dengan syarat benda yang ada di baliknya udah sedikit terlihat dengan pencahayaan yang tepat.

Hasilnya setelah mendapat manipulasi warna melalui filter tersebut, permukaan kain atau plastik berwarna hitam tersebut akan memudar seolah di bombardir oleh cahaya. Warna pudar tersebut bakal dengan mudah menyebabkan benda yang ada di baliknya jadi terlihat dengan detail yang lumayan jelas. Gambarnya pun terlihat seperti merupakan sebuah hasil kamera tembus pandang sungguhan.



Walaupun gak benar-benar tembus pandang, tentu aja menurut banyak orang hal tersebut bisa menimbulkan masalah besar buat OnePlus. Soalnya filter tersebut tetap bisa disalahgunakan oleh orang-orang gak bertanggung jawab dan mengancam privasi banyak orang.

Bahkan kemungkinan untuk menghindari masalah tersebut OnePlus bakal menghilangkan fitur filter cahaya satu ini dan menggantinya dengan fitur dan mode lainnya.

Wah sayang banget nih Bro. Emang sih ini fitur yang keren banget, tapi seperti banyak orang di luar sana bilang, fitur tersebut rawan banget buat disalahgunakan oleh orang-orang gak bertanggung jawab.