Nggak dipungkiri jika Android emang lagi laris banget saat ini. Smartphone dengan OS bikinan Google tersebut emang stabil, user friendly dan bisa dijejalkan di ponsel berspesifikasi rendah yang bikin harganya juga jadi terjangkau. Nggak heran jika pertumbuhan Android Phone bisa sampai 81 persen pada tahun lalu. Wih, gila nggak tuh!

Menyusul di belakangnya ada iOS bikinan Apple yang terus menguntit Android. Smartphone berlambang apel digigit ini juga sangat terkenal di antara para pengguna, meskipun harganya cukup premium bahkan bisa dibilang mahal.

Kabar buruk untuk dua pesaing lain yakni Blackberry dan Windows Phone. Nggak seperti dua juara di atas, brand yang tengah berjuang untuk bangkit ini ketinggalan terlalu jauh. Jika dibandingkan dengan Android, Windows Phone cuma memiliki indeks 2,7 persen. Blackberry lebih ngenes lagi dengan 0,4 persen.

Meskipun terseok dan ngoyo banget, Blackberry sepertinya masih enggan untuk menyerah. John Chen mengatakan jika tahun ini perusahaan smartphone asal Kanada tersebut bakal bangkit dan menunjukkan taringnya lagi sebagai mantan juara.

Hal yang sama juga bakal dilakukan Microsoft dengan smartphone-nya itu. Banyak yang memperkirakan jika ponsel bersistem operasi Windows ini bakal mulai perlahan bangkit. Sayangnya, mereka baru bakal update OS terbaru yakni Windows 10 pada akhir tahun nanti.

Kira-kira bisa nggak nih menjungkalkan dua ponsel yang kini tengah merajai dunia telekomunikasi tersebut. We’ll see it!