Bersamaan dengan event gerhana matahari total yang terjadi 21 Agustus kemarin, Google mengumumkan nama resmi untuk Android 8.0 atau Android O. Sudah bisa ditebak kan?

Awalnya ada banyak calon nama untuk ini. Seperti Oatmeal Cookies misalnya. Tapi seperti tebakan semua orang, Google kembali bekerja sama dengan brand makanan untuk nama sistem operasi terbaru Android itu: Oreo.



Google Pixel, Nexus 5X dan Nexus 6P akan merasakan Android Oreo untuk pertama kalinya lewat OTA (Over The Air). Sementara Pixel C dan Nexus Player akan menyusul.

Pelan-pelan update untuk perangkat Android lainnya juga akan bisa merasakan Android O. Beberapa hal baru pun sudah pasti akan bisa dinikmati di sini.

Seperti misalnya notifikasi yang akan lebih rapi, baterai yang akan lebih awet dari sebelumnya karena bisa membatasi aktivitas apps di background secara otomatis, hinga dukungan picture in picture.

Google juga menambahkan lebih dari 60 emoji baru di Oreo. Juga support yang lebih mumpuni untuk sistem keyboard bawaannya.