Lagi enak-enak ngobrol di Whatsapp taunya mesti stuck gara-gara sistemnya down, ambyaaar! Tapi namanya juga teknologi, gengs, sama kayak hidup, bisa kapan aja bermasalah :) Daripada bergalau ria, mending sekalian cari sensasi baru nyobain chatting pake beberapa aplikasi chat alternatif yang bisa lo pake, siapa tau lebih seru. Pastiin lo udah punya dulu aplikasinya, baru lo bisa mulai. Tenang aja, aplikasi yang bakal gue bocorin ini gak berbayar, kok. 

1. Signal

Baca Juga: Tips Relationship Cowok Wajib Tau Buat Dapetin Cewek Mandiri



Pertama kali keluar di tahun 2014 dengan ngutamain privasi penggunanya, makanya aplikasi dianggep yang paling aman di dunia. Buat registrasi, cukup masukkin nomor dan gak perlu data pribadi lagi. Setelah itu, lo udah bisa chatting, kirim foto, video, audio, foto, sampe video call sama temen-temen lo lewat smartphone Apple, Android, dan desktop. Aplikasi mirip sama Telegram, cuma bedanya di Telegram bisa ngirim file dengan ukuran besar.

2. E-commerce Chat



Chat jangan cuma sama seller atau buyer, sama gebetan juga bisa lewat fitur chat Shopee atau Tokopedia. Sambil chatting bisa kirim-kiriman link belanjaan juga buat jajanin doi, kan lumayan buat PDKT. Kirim-kiriman foto juga masih bisa, tinggal atur aja username lo mau nama asli atau nama di balik layar, gengs. 

3. Discord



Kalo aplikasi ini emang awalnya dibuat untuk para gamers biar pada bisa sharing semua hal tentang game. Lewat Discord, lo bisa telepon dan chatting, video call, kirim-kirim file foto atau video juga ke komunitas-komunitas gaming di situ. Bisa jadi yang awalnya pengen main-main, eh, malah dapet doi yang mau diajak serius, ehem.

4. Mobile Legends



Udah bukan push rank lagi, tapi sekarang lo juga bisa coba modus lewat chat di Mobile Legends. Awalnya ngajak mabar dulu, chatting, lama-lama telponan, abis itu jalan bareng. 

5. Gojek



Gak cuma kirim-kiriman barang, makanan, aplikasi Gojek juga bisa lo pake buat kirim pesen. Yaaah, gak jauh beda sama fitur Chat di E-commerce, lo tinggal buka aja fitur Chat di Gojek terus bisa nyapa orang yang ada di kontak lo. Sayangnya, di sini gak bisa dihias-hias pake emoji atau sticker apalagi meme, tapi kalo kirim-kiriman foto masih bisa. Tetep yang penting kan, komunikasi tetep jalan, hubungan bisa makin intens, lama-lama ‘go-public’ deh.

Itu dia beberapa aplikasi chat pengganti Whatsapp yang bisa lo coba buat tempat ngobrol, tinggal sesuaikan aja lo nyaman sama yang mana. Sebenernya masih ada banyak yang bisa lo manfaatin kalo pengen chatting, tapi 5 aplikasi ini yang cukup gampang buat digunakan. Intinya sih, koneksi boleh down, tapi komunikasi harus tetep on, laaah!