Style

Cara Jitu Biar Denim Lo Cepat Fading

  • 16 June 2017
  • 3391 views

Gue jamin denim lo bakal lebih keren.

LAZONE.ID -

Sekarang banyak banget nih anak muda yang makin suka pakai denim. Bahkan, banyak juga brand denim lokal yang sudah terkenal sampai ke luar Indonesia, seperti Old Blue Co., Sage dan lain-lain.

Denim pasti identik dengan aspek fading atau lunturnya indigo yang ada di denim lo seiring berjalannya waktu. Nah, kali ini gue mau kasih tau lo gimana caranya agar denim lo itu cepat fading.

Tapi sebelumnya, lo harus tau nih kalo setiap jeans punya denim (bahan) yang berbeda, jadi enggak semuanya punya jangka waktu yang sama biar bisa fading. Misalnya, The Unbranded Brand, denim asal Kanada ini pakai bahan dari Jepang yang cepat fading-nya.

Brand denim lain, seperti Samurai dan Iron Heart, para penggunanya harus sabar nih karena menunggu jeans fading-nya bakal lama banget.

 

Sering-sering Kena Sinar Matahari

 

Buat lo yang tinggal di Asia Tenggara beruntung banget nih, karena jeans lo bakal cepat fading. Kenapa? ya karena lo tinggal di iklim yang tropis dan panas. Apalagi lo sering pakai jeans lo sambil mengendarai motor di dalam keadan matahari yang lagi panas-panasnya.

Gue jamin, paling sekitar 3 atau 4 bulan celana lo pasti bakalan fading dengan cepat daripada lo hanya menggunakannya di dalam ruangan.

 

Jangan Buru-buru Dicuci

 

Lo pasti enggak sabar ketika beli denim baru yang warnanya masih pekat banget dan melihat denim orang yang kondisinya udah fading. Bawannya lo pasti mau langsung cuci jeans itu biar cepat fading. Tahan dulu bro! sabar.

Sebenarnya ada dua jenis fade pada jeans, yakni Vintage Fades dan Contrast Fades. Kalo lo lebih memilih ke Vintage Fades, lo bisa mencuci jeans sesuka hati lo, jika udah kotor, bisa lo langsung cuci dan enggak perlu menunggu berbulan-bulan lagi. Hasilnya, jeans lo akan terlihat fade yang enggak contrast seperti di bagian paha, rope, sampai bagian bokong.

Nah, kalo Contrast Fades, lo jangan cuci celana lo selama berbulan-bulan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika celana lo kotor, jangan dicuci ya, cukup lo rendam aja pakai air bersih. Soalnya kalo lo cuci nanti akan merusak proses Contrast Fades.

 

Bawa Denim Lo Traveling

 

Jeans lo jangan cuma disimpen di dalam ruangan aja, bawa jeans lo pergi naik gunung, atau touring dengan motor lo ke luar kota. Karena, semakin sering jeans lo bergerak bersama kaki lo maka akan menimbulkan hasil fade yang lebih cepat. Soalnya, selain banyak gerakkan, terkena gesekan dan cuaca ekstrim juga mempengaruhi dalam proses fading.

tags : jeans denim

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...