Chef Ini Bikin Masker Ramah Lingkungan

LAZONE.ID - Juga dibuat dengan bahan yang gak biasa!

Di masa new normal saat ini, tren fashion buat sebagian orang mulai bergeser dari sneakers jadi masker wajah. Wajar aja Bro, meski udah dilonggarkan dari aturan social distancing, orang-orang tetap harus menjalankan protokol pencegahan covid-19 yang diterapkan di banyak tempat umum. Salah satu protokol tersebut adalah setiap orang yang sakit maupun sehat, saat beraktivitas harus menggunakan masker. Tentu aja masker ini selain mencegah lo tertular dari orang lain, juga mencegah lo menularkan pada orang lain.

Banyak brand berlomba membuat masker wajah yang fashionable dan bikin penggunanya tetap gaya meski menjalankan protokol kesehatan. Berbagai teknologi dikembangkan untuk menciptakan masker yang keren, nyaman, dan tentunya aman.

Ketika brand ternama membuat maker adalah hal yang biasa, gimana jadinya kalau seorang chef yang membuat fashion item satu ini?



Bahkan bukan masker biasa, chef ini membuat sebuah masker yang berbahan dasar sebuah makanan serta diklaim ramah lingkungan.

Jadi, Chef Omar Sartawi asal Yordania ini membuat sebuah masker dari kulit terong. Yap, terong yang biasanya cuman sebagai pelengkap dalam makanan, kini jadi sebuah fashion item yang juga dapat menjaga kesehatan. Pasti lo penasaran kan gimana bisa kulit terong yang tipis jadi sebuah masker?

Jadi, chef Omar Sartawi adalah seorang chef yang emang terkenal sering bereksperimen dengan bahan masakan yang ada di hadapannya. Masker ini adalah salah satu hasil eksperimennya. Dengan melalui metode pengasinan, dehidrasi, dan memasak menggunakan air, kulit terong tadi berhasil mengeras dan memiliki tekstur seperti kulit sapi atau sejenisnya yang biasa digunakan untuk fashion.



Karena terbuat dari tumbuhan, chef Omar mengklaim bahwa masker ini ramah lingkungan karena saat dibuang, tentu aja kulit ini mudah terurai atau dapat didaur ulang. 

Bukan cuma ramah lingkungan, masker ini juga tetap bisa digunakan dalam berkali-kali sampai jadi sampah. Meski terbuat dari “kulit”, masker ini tetap nyaman digunakan saat bernafas dan tentu tetap lumayan efektif dalam membantu penggunanya mencegah tertular dari virus dan bakteri yang ada di udara.

Kalau udah dijual bebas, lo minat beli Bro?