Teh Talua, Obat Kuat Orang Minang

LAZONE.ID - Nongkrong minum gaya orang Minang. Teh hitam campur susu dan telur bebek mentah. Lezat, kaya protein dan sama sekali enggak amis bro.

Nongkrong minum gaya orang Minang. Teh hitam campur susu dan telur bebek mentah. Lezat, kaya protein dan sekali enggak amis bro.

Lagi dingin-dingin di pegunungan sekitar Bukittinggi atau kota Padang, enaknya nyeruput teh panas. Tapi bukan sekadar teh, ini teh talua alias teh telur. Minuman ini merupakan salah satu kuliner trade-mark nya orang Minang.

Teh ini merupakan obat kuat tradisional ala Minang. Khasiatnya dahsyat bro. Lo boleh percaya boleh nggak, sih. Tapi kalau lihat komposisinya sih memang kaya protein. Teh talua merupakan teh hitam yang dicampur dengan susu dan satu atau bahkan dua butir telur ayam kampung atau bebek.

Cara bikinnya unik. Enggak pakai mesin macam blender atau sendok buat ngaduk. Tapi lidi yang diikat jadi satu, kayak sapu lidi mini gitu bro. Telur dan gula pasir di gelas diaduk pakai kumpulan lidi tadi sampai berbuih. Lalu bagian atas gelas diberi saringan dan teh bubuk ditaruh di situ, dituangi air mendidih.

Sesudahnya bisa ditambahkan susu kental manis. Cuma yang agak susah dipahami, rasanya sama sekali enggak amis walaupun campurannya adalah telur mentah. Saat disajikan, memang disertakan jeruk nipis buat antisipasi. Tapi konon, kuncinya juga ada di cara mengocok telur dan mengaduk sesudah dicampur teh, ada rahasianya!