Ternyata Ini Asal Mula Munculnya Jaket Bomber

LAZONE.ID - Dipakai saat perang dunia.

Saat ini jaket bomber jadi fashon item paling penting di Indonesia. Mungkin lo pernah mengetahui soal asal-usul jaket bomber ini. Ya, ada yang bilang jaket ini merupakan adaptasi para angkatan udara.

Ada juga yang bilang jaket bomber udah ada saat zaman perang dunia. Terlepas dari itu, pernah enggak sih berfikir kenapa jaket ini bisa jadi trend fashion. Coba liat deh asal-usulnya di bawah ini.

 

Di desain untuk kebutuhan militer

Pada zaman dulu, kopit pesawat enggak tertutup jadi banyak pilot yang menggigil kedinginan. Sehingga mereka butuh jaket yang fungsinya untuk menghangatkan mereka saat terbang tanpa membatasi geraknya. Nah, di desain lah jaket bomber.

Saat perang dunia pertama, jaket bomber terbuat dari bahan kulit dan kerah dari bulu domba. Tapi, kan ada tuh pesawat jet yang biasa terbang tinggi dan tentunya suhu udara lebih dingin, membuat bahan kulit rentan jika terkena hujan dan keringat bahkan bisa beku kalo kena udara dingin.

Karena itu, jaket kulit tebal enggak pernah dipakai lagi pada tahun 1949, mereka lebih beralih ke model yang lebih ringan yakni MA-1 atau jaket bomber seperti yang lo pakai saat ini.

 

Dipopulerkan oleh subculture

Jaket bomber mulai muncul di Eropa pada akhir tahun 1950-an. Tapi jaket itu dijual di toko barang bekas dan black market. Pada tahun 1963, salah satu cabang dari Dobbs menjadi Alpha Industries, mereka menerima kontrak militer untuk membuat jaket bomber.

Nah dari situ jaket bomber semakin meluas hinga ke Eropa dan Australia. Soalnya Alpha Industries mengekspornya untuk Angkatan Udara Eropa dan pelanggan komersial. Disaat yang bersamaan, gerakan subculture seperti skinheads, mods, dan sebagainya mulai menampakan diri di seluruh dunia.

Jaket bomber sendiri jadi item fashion mereka yang dibeli dari toko barang bekas. Pada tahun 190-an jaket bomber mulai dipakai olehh kalangan anak muda yang bergaya grunge/alternative.

Memang, pada saat itu lagi trend banget untuk membeli barang-barang vintage atau thtifting. Saat itu jaket bomber juga sering dipadukan dengan kemeja kotak-kotak, jeans stonewashed, dan sepatu dr. Martens

Tapi, pada tahun 20000an para skatboarders dan surfers mulai memakai jaket bomber yang akhirnya lahirlah gaya streetwear dan berhasil menarik perhatian anak muda dari banyak kalangan sampai saat ini bro.