Siapa sih, yang gak pernah punya seseorang yang disukai, atau bahkan diincar jadi kekasih.  Pastinya semua orang pernah punya dong! Lo juga pernah kan, merasakan hal-hal seperti itu. Kalau hanya sekedar suka doang sih, mungkin gak masalah ya. Tapi bagaimana jadinya kalau orang yang sudah dicap sebagai gebetan kita, apalagi kalian udah mulai deket, terus tiba-tiba gak jadi begitu saja, atau istilah kerennya cinta tak berbalas. Pastinya bakalan nyesek banget kan.

Fix, kalau hal seperti ini kejadian sama lo, artinya lo harus mulai move on, jangan berlarut-larut akan seseorang yang sekarang statusnya jadi mantan gebetan tersebut. Yah walaupun sakit, tapi mau gimana lagi, hidup itu terus berjalan gengs. Seperti salah satu pepatah “Semuanya Indah Pada Waktunya”, artinya walau bukan si doi yang bersanding dengan kita, pastinya akan ada seseorang di luar sana, yang cocok buat kita. Jadi buat lo yang kesulitan buat ngelupain sang mantan gebetan, ini tips move on yang pas buat lo.  

1. Cross Check Ke Dalam Hati Lo

Cross check ke dalam hati lo   

Langkah pertama buat lo buat bisa move on dari sang mantan gebetan adalah cross check ke dalam hati lo sendiri. Sebenernya gimana sih perasaan lo sama si doi, apakah cinta? Suka, atau hanya sebatas mengagumi saja? Kalau lo memang benar-benar dekat dengan gebetan tersebut, misalnya saja teman kantor, teman kelas, sahabat, atau yang lainnya. Ada kemungkinan, yang lo rasakan itu adalah rasa sayang. Lain halnya kalau gebetan itu orang yang baru saja lo kenal. Ada kemungkinan perasaan yang dirasakan adalah rasa suka, rasa penasaran atau sebatas kagum semata.
 

2. Belajar Cintai Diri Lo  

Belajar Cintai Diri Lo

Tips move on dari mantan yang harus lo lakukan berikutnya adalah belajar mencintai diri sendiri. Bagaimana bisa seseorang yang tidak mengenal diri sendiri akan mencintai orang lain. Jadi sebaiknya mulai sekarang, lo harus belajar mengenali diri sendiri, mulai dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Dengan demikian, lo akan atau bagaimana caranya untuk bangkit dan memperbaiki diri sendiri. Karena ketika kita sudah mengetahui diri sendiri, maka kita akan mudah memperlakukan orang lain sebagaimana mestinya dan hal ini juga yang membuat orang sayang sama kita.   
 

3. Jangan Selalu Menyalahkan Diri Lo

Jangan Selalu Menyalahkan Diri Lo

Gengs, gak selamanya proses PDKT akan berjalan lancar. Ada kalanya gagal, bahkan dan ada kalanya orang yang lo gebet menjauh.  Kalau seperti ini, jangan pernah kita menyalahkan diri sendiri, entah itu menganggap diri sendiri itu kurang cantik, kurang menarik, atau yang lainnya. Sebaiknya introspeksi diri lo sendiri, dan mulai proses perbaiki diri sendiri. Tapi satu hal yang harus diperhatikan, jangan pernah lo merasa rendah diri, dan membuat rasa kurang percaya diri muncul lebih unggul.  
 

4. Mulai Atur Mindset Yang Lo Punya

Mulai Atur Mindset Yang Lo Punya

Salah satu tips move on paling ampuh adalah mulai mengatur mindset yang lo punya. Kali ini atur agar lo tidak terus menerus memikirkan si dia. Walaupun hal itu sulit, tapi kita harus mencobanya. Karena kalau mindset yang lo punya masih belum berubah, hal tersebut akan berimbas pada apapun yang lo kerjakan nantinya. Entah itu pekerjaan jadi berantakan, aktivitas sehari-hari jadi terganggu, atau bahkan kejahatan pun jadi ikut terganggu. Pastinya gengs, hal ini jangan dibiarkan terlalu berlarut-larut.
 

5. Cukup, Jangan Lagi Lo Kepo Tentang Si Mantan

Cukup, Jangan Lagi Lo Kepo Tentang Si Mantan

Gengs, jangan pernah kepo lagi akan berbagai aktivitas yang dilakukan sang mantan gebetan. Sudah cukup! Jangan mau tahu lagi berbagai aktivitas yang dilakukan sang mantan gebetan, apalagi sampai kepo dan stalking media sosialnya. Karena sadar atau tidak, ini adalah salah satu hal yang membuat orang gagal move on.
 

6. Belajar Membuang Kenangan

C:\Users\user\Downloads\job 11-12-21\6. Belajar membuang kenangan.jpg

Belajar membuang semua kenangan akan sang mantan gebetan, ini akan jadi tips move on dari gebetan berikutnya yang harus lo lakukan. Terutama buat lo yang gebetannya adalah teman sekantor atau teman sekolah / kuliah, pastinya akan ada banyak kenangan yang tercipta. Kalau tentang tempat, mungkin dapat lo atasi dengan membuat kenangan baru yang lebih menarik. Tapi kalau kenangan tersebut berupa barang, lo dapat sumbangkan atau berikan barang tersebut buat orang lain yang membutuhkan.
 

7. Sebaiknya Sibukkan Diri Lo

Sebaiknya Sibukkan Diri Lo

Gengs, kalau diam saja di rumah akan membuat pikiran lo terus teringat akan sang mantan, sebaiknya atasi dengan menyibukkan diri, akan berbagai kegiatan yang pastinya bermanfaat. Sedikit banyak hal-hal seperti ini akan buat kita tidak terlalu larut dalam kesedihan.

8. Menjalankan Hobi Yang Sempat Tertunda Kenapa Tidak
 

Menjalankan Hobi Yang Sempat Tertunda Kenapa Tidak

Salah satu cara untuk menyibukkan diri adalah mulai menjalankan hobby yang sempat tertunda saat PDKT dulu. Ini adalah salah satu tips move on yang wajib untuk dicoba ya gengs. Hobby yang dimaksud disini pastinya yang lo suka, entah itu memasak, menulis, nonton drama Korea, atau yang lainnya.
 

9. Hangout Sama Sahabat Kenapa Tidak

Hangout Sama Sahabat Kenapa Tidak

Hangout sama sahabat atau teman, adalah kegiatan lain yang sebaiknya lo coba. Jangan karena gebetan hilang, membuat semua teman seakan menjauh. Justru ini waktu yang baik, untuk merajut kembali tali pertemanan dan persahabatan, yang mungkin pernah sedikit memudar karena lo melakukan aksi PDKT. Dengan melakukan hangout seperti ini justru membuat konsentrasi lo sedikit demi sedikit akan si doi akan mulai memudar.  
 

10. Gak Ada Salahnya Curhat Sama Teman Dekat

Gak Ada Salahnya Curhat Sama Teman Dekat

Salah satu tips move on cepat ketika rasa cinta yang lo rasakan bertepuk sebelah tangan adalah curhat dengan teman dekat atau sahabat. Karena teman atau sahabat yang baik, pastinya tahu bagaimana cara mengalihkan rasa sakit yang lo rasakan saat ini, pada sesuatu yang lebih baik, baik itu melalui nasihat, saran, atau bahkan aksi menarik, yang membuat lo lupa akan sang mantan.  
 

11. Curhat Lewat Tulisan

Curhat Lewat Tulisan

Gengs buat lo yang suka menulis, mungkin ini waktu yang tepat, untuk mencurahkan isi hati dan pikiran akan sang mantan gebetan pada sebuah tulisan. Sebenarnya gak jauh beda dengan curhat sama teman / sahabat. Hanya kali ini media yang lo gunakan adalah tulisan. Lo gak akan pernah tahu, kalau mungkin tulisan yang lo buat, akan jadi inspirasi bagi orang lain, atau bahkan jadi cerita menarik pada sebuah film atau yang lainnya.
 

12. Keluarga Jangan Pernah Lo Tinggalkan

Keluarga jangan pernah lo tinggalkan

Buat lo yang selama PDKT, jadi lupa sama keluarga, maka ini akan jadi waktu yang tepat, buat membalas semua waktu yang pernah lo sia-siakan buat keluarga tercinta. Karena bagaimanapun juga keluarga akan jadi tempat ternyaman, ketika lo punya masalah. Karena gengs, terutama orang tua, pastinya tahu bagaimana cara memberikan dukungan buat lo agar agar move on.
 

13. Jangan Lupa Juga Dekatkan Diri Sama Tuhan

Jangan lupa juga dekatkan diri sama Tuhan

Selain keluarga, lo juga jangan lupakan Tuhan. Karena ini akan jadi tempat terbaik untuk melakukan curhat. Bisa dibilang ini akan jadi tips move on tercepat gengs. Yang mungkin tidak kita sadari adalah ketika lo curhat sama Tuhan, ada perasaan lega tersendiri. Apalagi ketika lo berserah diri, dan mengikhlaskan semua hal yang sudah terjadi. Ini yang membuat proses  move on jadi cepat terjadi.
 

14. Mendengarkan Lagu Galau Boleh Gak, Ya!

Mendengarkan lagu galau boleh gak, ya!

Sadar gak sih gengs, kalau kita lagi galau, apa lagi sedang patah hati seperti sekarang, pastinya akan berimbas pada playlist lagu yang akan diputar. Ini seakan jadi gambaran hati akan apa yang sedang dihadapi. Sebenarnya sih gengs, hal-hal seperti ini sah-sah saja. Tapi jangan terus menerus, kalau gak mau kita jadi semakin terpuruk. Hasilnya tuh gengs, lo bakalan jadi gagal move on. Sebaiknya ganti playlist lagu yang akan diputar jadi lagu-lagu yang ceria dan gembira, ya gengs.   
 

15. Kalau Menangis Boleh Gak, Ya!

Kalau menangis boleh gak, ya!

Lantas bagaimana dengan menangis! Ini akan jadi salah satu tips move on untuk wanita yang  perlu diperhatikan. Walaupun ada kalanya lo para pria juga perlu membacanya. Menangis sendiri adalah salah satu ungkapan perasaan ketika sedang down, dan hal ini memang wajar. Tapi yang tidak wajar adalah ketika lo menangis hingga berlarut-larut, seakan lo senang dan nyaman akan perasaan tersebut.   
 

16. Keluarkan Emosi Secara Positif

Keluarkan emosi secara positif

Gengs sedih akan perasaan cinta yang tak terbalas, memang wajar. Tapi ya gengs, yang tidak banyak orang sadari adalah perasaan sedih yang berkepanjangan justru akan merusak kesehatan diri sendiri, jadi sebaiknya alihkan perasaan tersebut pada berbagai macam kegiatan yang positif seperti olahraga, hangout bersama teman, sepupu atau yang lainnya. Kegiatan seperti baik untuk hati pikiran, bahkan kesehatan lo.
 

17. Gak Ada Salahnya, Sesekali Memanjakan Diri Sendiri

Gak ada salahnya, sesekali memanjakan diri sendiri

Gengs, salah satu cara untuk mengalihkan rasa sedih yang lo rasakan adalah dengan memanjakan diri sendiri. Ini akan jadi tips move on yang menarik untuk lo coba. Memanjakan diri sendiri, seperti pergi ke spa untuk melakukan pijatan, melakukan facial, mengganti model rambut, creambath, berlibur atau yang lainnya, sedikit banyak mampu membangkitkan rasa percaya diri lo sendiri. Atau bisa dikatakan kegiatan seperti ini seperti self healing.  
 

18. Biar Waktu Yang Menjawab

Biar waktu yang menjawab

Yang namanya proses move on ini pastinya tidak akan semalam selesai. Ada waktu, entah beberapa hari, beberapa minggu, beberapa bulan atau bahkan tahun, untuk menyembuhkan luka yang lo rasakan. Tapi yang harus lo perhatikan di sini, hidup lo bukan tentang dia, buat hidup lo jadi lebih menarik, dan biarkan waktu yang menyembuhkan luka tersebut.    
 

19. Mulai Belajar Membuka Diri

Mulai belajar membuka diri

Selama proses penyembuhan diri atau self healing tersebut, sebaiknya lo jangan pernah menutup diri. Bukalah hati lo untuk orang lain. Karena siapa tahu orang lain yang tidak pernah lo ketahui sebelumnya berhasil sembuhkan luka lo, dan bahkan jadi pasangan hidup yang lo cari selama ini.
 

20. Mulai Membuka Lembaran Baru

Mulai membuka lembaran baru

Gengs, jika memang lo sudah mempunyai seseorang yang baru, sebaiknya mulai buka lembaran yang baru, dan jangan pernah membandingkannya dengan sang mantan gebetan. Karena pada dasarnya ya gengs, setiap orang itu unik, jadi jahat rasanya, jika lo membandingkan antara dia dan mantan gebetan lo tersebut. Jadi sebaiknya buka hidup lo dengan seseorang yang baru, dan jangan pernah mengingat kembali sang mantan.

Jadi gengs yang saat sedang berusaha untuk melupakan sang mantan gebetan, demikianlah beberapa tips move on yang perlu lo lakukan. Semoga ulasan di atas mampu membuat lo move on dari sang doi, dan membuat hidup lo jadi lebih baik. Jangan merasa gagal hanya karena sebuah perasaan cinta yang tak berbalas, karena di luar sana, pasti akan ada kisah kasih yang manis buat lo.