Menurut gue, cara yang paling ampuh buat move on yaitu terus gerak maju, bro. Tapi, sebelum gue kasih tau list lagu move on dari gebetan. Lo harus siapin hal-hal ini ya, bro; Pertama, yang pasti harus siapin gitar. Pastiin udah distem dengan benar biar nada yang dihasilkan nanti tetap enak didengar. Banyak cara buat stem gitar lo, mulai dari pake tuning elektronik, aplikasi tuner, atau alat musik lain. Yang paling gampang bagi gue adalah dengan download aplikasi guitar tuner yang bisa lo download di AppStore atau PlayStore. Setelah download, lo bisa langsung stem senar gitar sesuai dengan nada yang lo petik di aplikasi tersebut. Cobain deh, dijamin gampang! 

Nah, terus lo kudu punya niat biar konsisten. Ngumpulin niat itu penting, bukan cuma ngumpulin niat buat konsisten main gitar, tapi juga konsisten buat move on dari si dia. Nah, kalo udah niatin, kedepannya bisa lebih gampang buat konsisten. Kalo tiba-tiba mager buat main gitar dan move on, coba inget lagi kenapa lo ngelakuin itu. Tetep semangat bro biar gak mager, karena masih banyak ikan di laut dan kesempatan lo buat cari yang lebih keren daripada yang dulu. 

Udah ada “senjatanya” dan niatnya. Sekarang, langsung aja liat beberapa lagu move on dari gebetan ini. 

1. Flying Solo - Pamungkas 


lagu move on dari PamungkasSumber: Instagram @pamunqkas

Emang bukan jadi lagu yang bikin Pamungkas viral di social media sih yang rasanya ngeresep sampe ke tulang. Tapi lagu ini gak kalah meaningful dan keren, menurut gue. Lagu dari album yang berjudul sama ini dirilis tahun 2019 dan nyeritain tentang kesendirian dan perjalanan cinta Pam dengan dirinya sendiri. 

“I'm flying solo
I'll fly without you
I'll go by myself
I'm flying solo
I'll spread my own wings”


Selain itu, lagu ini juga bisa lo gunain dengan chord gitar yang simpel seperti G, C, F, Am, D B, Em aja. Udah gampang dimainin dan meaningful pula, lagu ini fix bakal bikin lo jadi auto-ganteng. Siapa tahu waktu mainin flying solo bisa ketemu dia yang baru, yang bisa bikin lo flying~

2. Mercusuar - Kunto Aji 


lagu move on dari Kunto AjiSumber: Instagram @anugarin

Ngejalanin hubungan emang kaya perahu, kalo sama orang yang gak tepat pasti bikin kita terombang-ambing di lautan. Belom lagi banyak rintangan yang bisa bikin males buat ada di perahu itu. Mungkin itu juga yang bikin Kunto Aji terinspirasi untuk lagunya ini. Menurutnya, orang yang tepat itu bagaikan mercusuar yang bakal nuntun perahu kita buat pulang, tsahhh~ 

“Dari yang sudah sudah
Cinta hanyalah bualan
Dari yang sudah sudah
Hanya rasa tanpa tujuan”
“Aku ingin berhenti
Lelah aku mengarungi
Aku ingin bersandar
Menikmati bintang berpijar”


Buat lagu ini, lo cukup mainin kunci Bm, Em, G, A, D, B di gitar lo. Coba pelajarin chord dan lagunya. Siapa tahu ketika lo mainin lagu ini pake gitar lo, banyak mercusuar dengan cahaya-cahayanya yang pengen nuntun lo buat berlabuh di sana. Good luck, bro!

3. You’re Gonna Live Forever in Me - John Mayer


lagu move on dari John MayerSumber: Instagram @johnmayer

Sering denger lagu ini di Tiktok kan? Walau dirilis tahun 2017, tetep aja gak bisa ngilangin kerennya lagu ini. Apalagi kalo lo baru aja putus dan ini bisa dijadiin kode sekaligus lagu perpisahan buat dia. Menurut gue, lagu ini nyeritain tentang gimana dalam setiap hubungan yang berakhir pasti ninggalin bekas yang bisa bikin kita tumbuh dan gak bisa dilupain. 

“Life is full of sweet mistakes
And love's an honest one to make
Time leaves no fruit on the tree
But you're gonna live forever in me
I guarantee, it's just meant to be”


Ohiya, aslinya emang lagu ini dimainin pake piano, tapi gue nemuin chord biar lo bisa mainin lagu ini di gitar lo. Cukup pake chord G, C, Em, A, D, lo bisa langsung mainin, bro. Tapi, hati-hati ya abis mainin lagu ini kalo lo jadi galau pengen balikan. Gue gak tanggung jawab, bro! 

4. Sudah - Dewa19 feat Ello


lagu move on dari Dewa19 feat ElloSumber: Instagram @marcello_tahitoe

Lagu yang awalnya dirilis tahun 1998 oleh Ahmad Band ini, baru aja diaransemen ulang sama Dewa19 dengan ngajak Ello untuk ngisi vokalnya. Hasilnya? Dijamin keren dan terdengar lebih nge-rock dengan vokal Ello yang serak. Nah, sekarang bayangin kalo lo yang nyanyiin lagu ini pake gitar lo, ya gue jamin udah auto-ganteng sih, fix no debat. Sesuai dengan judulnya, lagu move on dari gebetan ini memang pas buat lo yang abis nyudahin hubungan dengan cara yang alus. Karena pastinya, dalam setiap akhir hubungan pasti bikin kedua belah pihak jadi lebih dewasa. Ya gak, bro? 

“Tak Satupun Yang Kusesali
Malahan Semua, Warnai Hidup
Mungkin Duri Yang Pernah Tertancap
Mendewasakan Aku Dan Kamu”


Nah, buat nyanyiin lagu ini di gitar lo, inget lo kudu pake chord D, Bm, A, F#m dan G. Gampang, kan? Oh iya, lagu ini cocok jadi kode lo buat dia, apalagi kalo si dia bernama Dinda. Pas banget! 

5. Pasti Ku Bisa - Sheila on 7 


lagu move on dari Sheila On 7
Sumber: Instagram @sheilaon7

Ngomongin lagu move on dari gebetan, gak lengkap kayaknya kalo gak masukin Sheila on 7 dalam list ini. Lagu ini bener-bener bakalan ngasih lo semangat untuk maju dan ninggalin yang gagal kemaren. Walau lagunya dirilis tahun 2011, tapi lagu-lagu Sheila on 7 itu selalu everlasting terus gak bosen buat didengerin dan dimainin pake gitar kesayangan lo. 

“Dia berjalan keluar dari lingkaran hidupku
Bebas kulepaskan dia
Akupun mulai berdendang
Pasti ku bisa melanjutkannya
Pasti ku bisa menerima dan melanjutkannya
Oh pasti ku bisa menyembuhkannya
Cepat bangkit dan berfikir
Semua tak berakhir disini”


Buat lagu ini, lo harus mainin chord A, E, D, Bm, F#m di gitar lo. Lagu ini dirilis di album “Berlayar” dan merupakan album ke tujuh milik Sheila on 7. Selain “Pasti Ku Bisa”, album ini juga berisi lagu hits lainnya yang mungkin lo juga sering denger kaya, “Hujan Turun” dan “Hari Bersamanya”. 

Nah, Udah tahu kan apa aja lagu move on dari gebetan yang dijamin bisa bikin lo ngelupain si dia. Sekarang tinggal atur strategi biar lo cepat bebas dari rasa galau dan dapetin gebetan baru yang lebih keren! Yok bisa yok!