Inget film 500 Days of Summer, nggak? Bayangin gimana perasaan karakter Tom ketika hatinya yang penuh dengan cinta itu nggak disambut sama Summer dan doi malah nikah sama cowok lain?

Pernah nggak sih, lo merasakan hal yang sama kayak kisahnya Tom ini dan ngerasa hidup lo nyaris berakhir! Doi nggak menyambut cinta lo, trus lo kudu ngapain, dong? Lo udah lakuin berbagai cara untuk bisa move on, tapi kenapa udah berbulan-bulan bahkan tahun berlalu lo masih aja stuck sama doi? Sebenernya, ada beberapa tips yang bisa lo lakuin untuk pelan-pelan belajar melepaskan doi. Baca terus ke bawah, Gengs!

1. Unfollow semua akun sosmednya

Salah satu alasan lo nggak bisa move on dari doi itu karena lo masih terus kepoin sosmednya. Daripada menyiksa diri terus, sebaiknya lo mulai “puasa” untuk liat-liat sosmed mantan gebetan. Lo bisa unfollow dulu semua akun sosmed doi. Mungkin kalau unfollow nggak membuat lo bisa nahan untuk buka sosmed doi, nah lo bisa block sekalian! Lo butuh sembuh dari patah hati lo dan salah satunya cara adalah ambil waktu sejenak untuk menjauh dari doi.

2. Ubah mindset dari “she’s the one” menjadi “she’s not the one”

“Penyakit”nya semua orang yang ngerasain patah hati sampe nyusruk-nyusruk tuh karena menganggap doi adalah “the one”. Inget lagi, deh, gimana bucinnya karakter Tom di “500 Days of Summer”. Jadi, ketika ternyata Summer nggak menyambut cintanya, dia patah hati banget!

Nah, dalam masa “berduka” ini, lo perlu perlahan ubah mindset. Sekarang, lo udah tahu kalau doi bukan “the one”. Dia yang mutusin untuk nggak milih lo jadi pasangannya. So, it’s time to change the mind! Maybe sekarang lo masih mikirin hal-hal baik yang ada di doi yang bikin lo stuck sama dia. Nah, coba deh bikin list kekurangan doi! Dari sinil bikin lo sadar kalau lo dan doi emang ga meant to be together. Mungkin ada prinsip hidup yang berbeda, agama yang berbeda, dan lain sebagainya yang kalau diterusin justru bakal bikin lo makin sengsara.

3. Singkirkan barang peninggalan doi

Selama lo bareng doi, pasti ada banyak barang yang mengingatkan lo tentang dia. Bisa barang yang pernah dia kasih buat lo atau barang-barang yang pernah dia pakai. Nah, salah satu hal wajib yang harus lo lakuin untuk bisa menenangkan diri dan menyembuhkan luka patah hati adalah dengan nggak berinteraksi sama sekali dengan barang-barang yang berkaitan sama doi. Singkirkan dulu semua barang pemberian doi. Kalau lo belum tega untuk buang, taruh di satu kotak dan simpan di tempat yang sulit lo jangkau.

4. Jangan dengerin lagu galau

Makin dengerin lagu galau, makin mellow! Ini hukum sebab akibat yang nggak bisa ditepis. Jadi, sebenernya pilihan ada ditangan lo. Lo bakal ngerasa lebih baik kalau nggak dengerin atau dengerin lagu galau? Ada beberapa orang yang memilih untuk menghindari lagu galau karena bikin perasaannya makin miserable. Kalau udah kayak gini, emang lebih baik lo pilih lagu-lagu yang membantu lo untuk lebih bersemangat. Hindari juga lagu-lagu berlirik sendu dengan tema patah hati. Pilih lagu-lagu dengan lirik netral yang temanya jauh dari cinta-cintaan.

5. Hunting gebetan baru!

Tips berikutnya yang bakal bantu lo move on dari doi adalah cari gebetan baru! Ajak temen-temen nongkrong, cari teman baru yang makin memperluas kesempatan lo dapetin gebetan baru. Lebih enak lagi kalau lo cari gebetan baru di circle yang beda dari circle lo sama mantan gebetan. Nggak enak juga, kan, kalau lo gebet orang baru tapi si mantan masih ada di sekeliling lo. Adanya malah lo nanti cuma jadiin gebetan baru itu sebagai rebound!