Salah satu hal yang paling disayangkan ketika putus sama mantan itu adalah kita harus balik lagi untuk jadi stranger ke satu sama lain. Nah, hal-hal kayak gini bikin muncul banyak perdebatan tentang apakah sebaiknya kita harus tetap berteman sama mantan atau nggak. Ada beberapa orang yang bilang kalau putus bukan jadi alasan buat nggak berteman. Tapi kalau menurut gue bagaimanapun kondisinya, lo nggak akan bisa balik lagi seratus persen jadi teman biasa ke orang yang pernah ada “sesuatu” sama lo, seengaknya dalam waktu dekat setelah lo baru putus sama doi. 

Buat gue, kalau lo emang nggak mau jatuh ke lubang yang sama dan move on, sebaiknya jangan deh gengs temenan sama mantan. Penasaran kenapa? Nih, gue kasih aja 3 alasan simpel biar lo paham! 

1. Menghalangi kebebasan lo

Setelah akhirnya mengubah status lo jadi single, lo punya kesempatan buat ngerasain kebebasan yang nggak lo dapetin sebelumnya pas masih pacaran. Apalagi kalau lo punya hubungan dalam kurun waktu yang cukup lama. Ini saat yang tepat buat kembali nyari jati diri lo lagi, eksplor hal-hal yang lo nggak bisa lakuin pas masih ada doi, dan mungkin nongkrong bareng sama temen-temen lo tanpa halangan. Tapi kalau lo masih nyangkut sama doi, sebebas-bebasnya lo pasti bakal masih ada aja hal yang ganggu dan perasaan yang perlu lo jaga. Status boleh berubah, tapi kalau doi masih nangkring di hidup lo, itu sih nggak ada bedanya gengs. 

2. Masih ada “godaan”

Namanya manusia, udah pasti nggak lepas dari yang namanya godaan. Apalagi kalau lo masih sering nempel berdua sama mantan lo. Batasan-batasan antara “teman” dan “mantan pacar” itu jadi nggak jelas dimana bedanya. Lo berdua masih akan ngerasain yang namanya rasa nyaman, enaknya diperhatiin, dan afeksi yang sebenarnya belum pudar. Ujung-ujungnya pasti bakal ada aja pikiran buat minta “jatah mantan”. Inget ya gengs, satu kali namanya jatah mantan, kalau berkali-kali namanya kebawa perasaan. Jangan sampai lo ngambil risiko buat terjebak lagi di siklus yang sama dan nggak sehat. Percaya deh, masih banyak kok pilihan lain yang bisa lo kulik di luar sana! 

3. Pasangan baru lo nggak akan seneng (ya iya lah!)

Ini dia nih, hal yang paling sering mancing keributan sama pacar. Walaupun kadang doi yang maksa kita buat cerita tentang masa lalu, tapi cewek sebenarnya paling nggak suka kalau kita ngomongin tentang mantan, apalagi bagian yang bagus-bagusnya. Buat pasangan, mantan kita itu adalah saingan. Mau lo udah nggak ada perasaan apa-apa sama mantan dan sebagaimana keras lo menjelaskannya ke pacar baru lo, doi udah pasti nggak akan seneng. Apalagi kalau tau lo masih berteman sama mantan lo. Daripada lo harus pilih salah satu atau berakhir nggak dapet dua-duanya, mending udahin aja hubungan lo sama si mantan.