Biasanya nih, pas hari valentine banyak banget bermunculan postingan di media sosial yang isinya foto atau video yang ngasih liat hadiah-hadiah dari orang kesayangan yang didapetin sama akun-akun yang lo ikutin. Paling nggak, selalu ada postingan yang ngejelasin sebuah alasan bahwa hari valentine itu adalah hari di mana kasih sayang itu patut dirayain sama orang-orang terdekat—biasanya lewat kado atau hadiah.

Sebenernya nggak ada yang salah dari cara ngerayain kasih sayang kayak gitu, gengs. Tapi kalo dikulik lebih dalem lagi, ternyata cara ngungkapin rasa sayang itu ada macem-macem gengs! Cara-cara itu sering juga disebut dengan istilah ‘love language’ atau ‘bahasa sayang’. Setiap orang pastinya punya love language-nya sendiri-sendiri. Makanya kalo lo berharap dapetin si doi, lo harus tau love language doi kayak gimana gengs!

Nah biar lo lebih paham dan bisa sukses sama si doi, mendingan lo simak deh hal-hal yang harus lo lakuin buat doi kalo love language doi ada di bawah sini!

1. Words of Affirmation

Kalo doi suka ekspresi sayang lewat omongan, jangan lewatin kesempatan buat selalu puji dia di setiap momen gengs! Kalo doi lagi marah, lo bisa coba bilang "Ayang, kamu cantik deh hari ini." Atau kalo doi lagi PMS? Lo bisa juga bilang "Ayang, kamu tau kan aku sayang kamu.” Pokoknya selalu banjirin dia dengan ungkapan-ungkapan sayang.

2. Acts of Service

Mungkin bisa juga doi punya love language yang ngelibatin usaha lo buat menuhin keinginan atau kebutuhan doi. Lo harus sigap buat puasin atau jagain doi. Kayak misalnya kalo dia sering naik motor, lo bisa bantu gantiin oli motor si doi tanpa diminta—siapa tau dia kepatil sama hal-hal kayak gitu, gengs.

3. Receiving Gifts

Nah kalo love language doi adalah yang satu ini, lo harus berusaha untuk bisa ngasih hadiah-hadiah yang bermakna buat doi, gengs. Mungkin nggak harus yang terlalu heboh. Lo bisa lakuin hal-hal yang kecil tapi nyentil, kayak misalnya minta abang ojol tulisin notes kecil dari lo ketika lo pesenin doi makanan atau minuman. 

4. Quality Time

Love language yang satu ini cukup simpel—pokoknya lo harus berusaha bisa selalu ada buat doi dengan ngabisin waktu bareng. Ibarat kayak orang lagi LDR—kuota internet itu bisa dibeli, tapi perhatian nggak bisa. Makanya nggak heran orang-orang LDR kalo lagi video call nyala terus dan harus selalu on cam meskipun lagi gak ada topik pembicaraan.

5. Physical Touch

Kalo lo sering liat si doi suka ndusel-ndusel kayak kucing sama lo waktu lagi barengan, lo harus bisa ladenin doi, gengs! Karena mungkin love language doi adalah physical touch. Love language yang satu ini emang mentingin rasa sayang yang didapet dari sentuhan fisik kayak pegangan tangan, pelukan, atau ciuman. Jadi jangan ragu buat ngasih doi sentuhan-sentuhan sayang lo, siapa tau bisa berakhir di ranjang gengs!