Putus cinta emang jadi salah satu pengalaman dalam hidup yang paling nggak mengenakkan. Sejauh-jauhnya lo menghindar, udah pasti rasanya bakal sakit juga gengs. Tapi, ngerasain sakit hati gara-gara putus cinta itu sebenarnya bisa bikin lo jadi lebih tau caranya bangkit dan belajar tentang diri lo sendiri. Apa lagi kalau lo mengalami hal ini pas umur 20an, masa-masanya lo lagi cari jati diri dan tujuan hidup. Percaya deh, hal ini bisa jadi sesuatu yang baik buat lo ke depannya. Kenapa gitu? Mending gue jelasin aja lebih lanjut!

Jadi paham siapa diri lo sebenarnya

20an itu umur transisi dimana lo mulai melangkah jadi orang dewasa. Di umur ini juga lo diwajarkan untuk melakukan kesalahan terkonyol dan tentunya belajar lagi dari kesalahan itu gengs. Termasuk hal buruk yang lo alami pas putus cinta. Perpisahan tuh bisa bikin lo jadi lebih dewasa secara emosional karena lo punya kesempatan buat memahami lebih baik tentang cara memproses perasaan lo sendiri. Dengan itu, lo jadi lebih tau sifat-sifat terpendam di diri lo dan siapa diri lo sebenarnya. 

Belajar caranya kuat dan bertahan

Saat lo terpaksa harus menyudahi hubungan dengan orang yang selama ini menemani hari-hari lo, rasanya emang pasti bikin menderita banget. Tanpa bermaksud lebay, tapi pasti ada aja momen-momen dimana lo ngerasain yang namanya hampa, nggak berarti, dan kadang bisa juga ngalamin yang namanya nggak napsu buat beraktivitas. Menurut gue, kalimat “waktu akan menyembuhkan luka” itu bukan cuma basa-basi semata gengs. Saat melewati masa patah hati tanpa disadari lo akan berusaha jadi pribadi yang lebih kuat untuk menjalani kehidupan yang masih panjang. 

Bisa tau apa yang lo mau dari seorang pasangan

Pacaran di umur 20an itu layaknya trial and error, jadi kalau lo pikir dunia akan berakhir setelah putus cinta, itu adalah salah besar gengs. Justru ini saatnya lo nyobain untuk nemplok sana sini dan nyobain hubungan yang berbeda. Dengan sempet nyobain singgah dan ngeladenin orang dengan sifat yang banyak macemnya, lo jadi bisa tau apa yang lo nggak suka dari seorang pasangan. Dan hal ini bakal berguna banget buat nyari seseorang yang nantinya paling tepat buat lo. Pesan gue cuma satu gengs, jangan coba-coba buat selingkuh ya, nggak ada gunanya! 

Bisa menyelamatkan diri dari drama kehidupan

Walaupun banyak lagu cinta di luar sana, tapi hidup tuh nggak sekedar cinta-cintaan doang. Banyak banget hal di luar putus cinta yang akan lebih berat buat lo jalani di kehidupan. Kalau lo udah terbiasa dengan masa lalu yang penuh dengan drama dan ngerasain perihnya tersakiti, lo pasti bisa lebih siap buat menghadapi banyak hal. Intinya, putus cinta di umur 20an nggak bakal bikin hidup lo ancur kok. Pas akhirnya lo nemuin tempat hati berlabuh nanti, semua ini cuma bakal jadi pelajaran yang akan lo tertawakan!