10 Collab Sneaker Paling Keren Tahun 2020

LAZONE.ID - Mana yang jadi favorit lo?

Ngomongin sneakers emang gak ada habisnya Bro. Meskipun tahun ini banyak hal di luar sana yang bikin sneakers seakan gak sepenting biasanya, tapi tetap banyak banget rilisan baru yang bahkan semakin keren dari tahun-tahun sebelumnya. Berbagai collab yang terus bermunculan juga bikin sneakers edisi khusus ini berkembang dari barang yang cuma diketahui orang-orang tertentu, sampai jadi sesuatu yang diburu oleh banyak orang.

Meski selama pandemi ini lebih banyak orang memutuskan untuk di rumah aja, ternyata hype buat  update koleksi sneakers gak pernah padam. Makanya, banyak juga brand yang tetap gak mau kelewatan momen ini untuk terus merilis produk=produk terbaru. 

Nah dari sekian banyak collab sneakers yang terjadi tahun 2020, inilah 10 yang menurut gue terbaik, Bro.

Melody Ehsani x Jordan OG

Nama Air Jordan mungkin bukan nama yang terlalu umum buat ngomongin collab. Tapi Melody Ehsani, seorang desainer yang berasal dari Los Angeles mampu menepis anggapan tersebut dan malah keluar dengan salah satu desain collab terbaik tahun ini.

Supreme x Nike Air Force 1 Low

Saat gambarnya pertama muncul di internet sebelum rilis, banyak yang mengkritik collab satu ini karena dianggap gak kreatif seperti sebelumnya. Desain all-black dan all-white yang ditempeli logo Supreme berwarna merah yang khas dianggap merupakan sebuah desain yang malas.

Tapi desainnya yang simple dan terlihat lumayan elegan tetap jadi bahan pujian buat sebagian orang. Selain itu mereka punya rencana yang bagus dengan sneakers ini karena bakal merilisnya beberapa kali sepanjang tahun. Katanya, ini untuk mencegah penumpukan permintaan dan harga resale yang terlalu tinggi.

StrangeLove x Nike SB Dunk Low

SB Dunk yang punya DNA skateboarding sempat menimbulkan kontroversi di antara para penggunanya. Hal tersebut terjadi karena sub-brand tersebut berkali-kali bikin collab dengan nama-nama yang jauh dari dunia skateboard. Tapi edisi Strange Love ini hadir untuk mengobati hal tersebut, Bro. Strange Love x SB Dunk Low dirilis pada hari valentine sebagai ‘sebuah surat cinta’ untuk komunitas skateboard yang ada. 

Travis Scott x Nike Air Max 270 React

Travis Scott adalah nama yang mencuri banyak perhatian tahun 2020 ini. Selain dirinya bikin sebuah konser virtual di dalam game Fortnite, sang rapper juga merilis beberapa desain sneakers yang banyak dibicarakan orang. Salah satunya adalah Nike Air Max 270 React ini, Bro. 

WTAPS x New Balance 992

WTAPS, brand streetwear dengan aksen military asal Jepang memanfaatkan hype New Balance di negara tersebut dengan bikin collab yang gak disangka sebelumnya. Sneaker yang identik dengan warna abu-abu tersebut kini jadi punya kesan military dengan warna hijau yang khas dari WTAPS. Saat rilis, sneaker satu ini langsung sold out dan harga resale-nya menyentuh angka USD $1.000 di berbagai online store yang ada.

Joe Freshgoods x New Balance 992

Kolaborasi dengan Joe Freshgoods adalah salah satu produk kejutan yang dirilis oleh New Balance tahun ini. Sama seperti collab mereka dengan WTAPS, sneaker satu ini juga sangat cepat sold out ketika rilis dan harga resale-nya kini hampir menyentuh USD $1.000 di luar sana. Warnanya unik dan jauh dari aksen abu-abu yang biasa melekat pada New Balance. Warna plum, merah, dan merah muda berpadu dengan kulit di bagian toungue bikin sepatu ini punya kesan premium.

Travis Scott x Nike SB Dunk Low

Sebelumnya di atas gue bilang bahwa SB Dunk Low sempat bikin kontroversi karena terkesan kehilangan identitas skateboarding mereka dengan collab bareng nama-nama di luar dunia skateboard. Ya salah satunya adalah collab dengan Travis Scott ini. Tapi bukannya menuai kritik, collab dengan Travis Scott ini banyak banget dinanti oleh para penggemar setia seri tersebut. Colorway yang diterapkan merepresentasikan gaya sang rapper yang khas dan sneaker ini juga menegaskan posisi Travis Scott yang jadi pesaing serius di dunia sneakers.

Stussy x Nike Air Zoom Spiridon Cage 2

Ketika bicara sneaker paling keren di tahun 2020, mungkin seri Air Zoom Spiridon Cage gak bakal masuk daftar tersebut. Tapi collab dengan Stussy bikin pandangan tersebut berubah. Selain terlihat lebih kalem dengan colorway yang dibawakan, Stussy Spiridon juga dianggap ikut menghidupkan DIY sneakers. Soalnya Bro, banyak dari orang-orang yang membeli Stussy Spiridon ini melakukan kustomisasi dan banyak dari mereka yang terlihat keren. Jadi bisa dibilang hasil collab ini selain bikin sneaker yang terlihat keren, juga mudah untuk mendapat custom dari pemiliknya.

Ben & Jerry's x Nike SB Dunk Low

Nah, kalau yang ini adalah collab paling gak biasa buat tahun 2020. Nike SB Dunk Low yang merupakan seri sneaker untuk skateboard malah collab dengan brand es krim. Seperti collab SB Dunk Low dengan brand di luar dunia skateboard lainnya, edisi Ben & Jerry’s ini juga mengundang pro dan kontra. Banyak yang menilai bahwa collab satu ini terasa unik dengan kesan playful dan ceria. Ada juga yang menganggap bahwa Nike melakukan hal yang gak masuk akal dengan ngajak brand es krim untuk bikin collab sepatu skateboard.

Off-White x Air Jordan V

Sebelumnya Off-White udah melakukan collab yang lumayan fenomenal dengan seri SB Dunk Low tahun 2019 lalu. Kini mereka kembali dengan seri yang gak kalah keren, yaitu Air Jordan 5 yang rilis tahun 1990 lalu. Colorway yang pada sneaker collab satu ini membawa berbagai ciri khas Off-White yang bisa lo lihat di bagian upper. Selain itu, sneaker ini juga punya kesan yang spesial karena dirilis bertepatan dengan hari jadi Air Jordan 5 yang ke-30.

Dari semuanya, mana nih yang paling lo suka?

Kalau lo penasaran dengan sneakers keren lainnya, jangan lewatkan event Bandung Sneakers Season yang bakal digelar untuk ketiga kalinya, Bro. Sejak pertama debut tahun 2018, BSS udah berhasil menarik puluhan ribu sneakerhead dari dalam negeri.

BSS kali ini bakal diadakan dari 18 September - 17 Oktober secara online di website, channel YouTube, dan juga akun Instagram Bandung Sneaker Society. Jangan lupa juga bakal ada live streaming di channel YouTube mereka.

Pantengin juga semua media sosial @lazone.id buat dapetin info terbaru tentang BSS dan juga berbagai update keren lainnya, Bro!