Bisa dibilang sekarang Air Jordan adalah brand sneakers paling besar di dunia. Bermula dari sneakers yang digunakan oleh Michael Jordan yang digunakan oleh sang legenda basket pada sebuah pertandingan tahun 1984. Pada pertandingan tersebut awalnya Michael Jordan dibuatkan sepasang sneaker secara eksklusif oleh Nike. Popularitas sepasang sneaker itu pun meningkat secara drastis dan lambat laun, Air Jordan makin populer untuk para enthusiast.

Ada satu alasan kenapa Air Jordan bisa konsisten di jajaran atas brand sneakers terbaik di dunia setiap tahunnya. Sejak AIr Jordan 1, sering kali mereka memberikan desain yang revolusioner.

Sebagai salah satu brand sneaker paling berpengaruh di dunia, ada beberapa fakta menarik yang mungkin masih jarang diketahui orang. Nih Bro, 5 fakta unik di balik brand Air Jordan yang harus lo tau!

Michael Jordan awalnya pengen sama adidas, bukan Nike

Sekarang mungkin semua orang udah tau bahwa Air Jordan adalah sub brand dari Nike. Hampir di semua sneaker rilisan Air Jordan ada logo swoosh ala Nike di bagian samping. Bedanya, lo bisa melihat logo Air Jordan berupa bola basket dan sayap yang juga ikonik.

Tahun 1984 lalu, sebelum Michael Jordan diberi kontrak untuk menggunakan Air Jordan pertamanya sang legenda gak mau menandatangani kontrak tersebut. Pada tahun yang sama Michael Jordan juga sempat mengatakan bahwa dirinya adalah penggila adidas. Namun adidas gak pernah mendekatinya secara personal sehingga kesepakatan terjadi antara Nike dan MJ. Seperti yang lo tau, setelah kontrak tersebut terjadi sisanya adalah sejarah.

Jordan Brand pertama dirilis tahun 1997

Setelah 13 tahun, tepatnya saat perilisan Air Jordan XIII akhirnya MJ merilis Air Jordan dengan nama Jordan Brand untuk pertama kalinya. Momen ini juga menandakan bahwa Jordan Brand udah mandiri dan berdiri sendiri sebagai sebuah brand sneaker. Ternyata hal tersebut udah diinginkan David Falk sejak pertama kali Air Jordan rilis. David Falk sendiri adalah agen yang menangani Michael Jordan sebagai seorang atlet profesional.

Sneaker favorit Michael Jordan

Air Jordan 1 mungkin jadi yang pertama buat sang legenda basket. Tapi ternyata Michael Jordan malah gak begitu menyukai model tersebut. Ternyata MJ menyebutkan bahwa Air Jordan favoritnya adalah seri Air Jordan 11. Selain itu, ada juga Air Jordan 3, 12, dan 13.

Hampir gak diproduksi lagi

Tahun 1993, Michael Jordan pertama kalinya memutuskan untuk ‘pensiun’. Mengikuti pengumuman pensiun tersebut, Nike udah berencana untuk menghentikan produksi semua lini Air Jordan yang mereka produksi. Lalu Tinker Hatfield pun muncul dengan tetap memberikan desain untuk melanjutkan seri Air Jordan. Lalu tahun berikutnya seri ke-11 pun dirilis, dan mungkin inilah yang jadi momen kenapa MJ menyukai seri tersebut. Air Jordan 11 emang kelihatan punya desain yang keren dan berbeda dari seri Jordan sebelumnya.

Pernah bikin Michael Jordan kena denda

Meski dibuat khusus untuk Michael Jordan, ternyata dirinya pernah kena denda karena menggunakan sepatu tersebut. Ternyata, sneaker tersebut melanggar aturan tentang seragam yang dikeluarkan oleh pihak NBA. Tahun 1984 lalu Michael Jordan didenda USD $5.000 setiap kali dirinya menggunakan sneaker tersebut. Nike memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan promosi dengan membayar semua denda yang diberikan padanya. Bersamaan dengan hal tersebut Nike bikin sebuah campaign buat mempromosikan kualitasnya.

Ada satu lagi fakta menarik tentang Air Jordan ini, Bro. Soalnya Bandung Sneaker Season dan LAzone.id mau ngasih lo satu sneaker Air Jordan 1 Low Black Toe dan satu unit jam tangan G-SHOCK Warrior!

Mau gak Bro? Caranya gampang banget!

Pertama, lo harus follow dulu Instagram @lazone.id. Upload foto gaya paling kece lo dengan tema “What’s on your feet?” dan sertakan caption yang relevan serta menarik. Jangan lupa juga kasih hashtag #LAzoneBSS2020, tag akun @lazone.id dan ajak 3 temen lo buat ikutan.

Periode submit foto dibuka mulai dari 17 September - 17 Oktober 2020 ini. Jangan sampe keleawatan karena Air Jordan dan G-SHOCK udah menunggu buat lo dapetin, Bro!

#Lazoneid #BandungSneakerSeason #LAzonexBSS #LAzoneBSS2020