Tahun 2020 emang masih menyisakan beberapa bulan, tapi calon-calon sneakers termahal udah mulai kelihatan muncul ke permukaan.

Di Amerika Serikat, sedang ada sebuah lelang yang dilakukan oleh Sotheby. Dalam pelelangan ini banyak barang-barang terkurasi yang masuk daftar barang lelang. Mulai dari barang peninggalan musisi legendaris sampai ke sneakers super langka ada di sana.

Ada beberapa sneakers super langka yang juga masuk daftar lelang tahun ini. Beberapa di antaranya mungkin bakal memecahkan rekor sebagai sneakers termahal di dunia, Bro.

Bernard Buffet Nike SB Dunk Low Pro “Paris” Sample
Perkiraan terjual USD $70.000 - 80.000


Sneakers di atas adalah hasil karya seorang seniman beraliran ekspresionis asal Prancis, Bernard Buffet. Sneakers yang masuk pelelangan ini dibuat pada tahun 2003.

Futura Nike SB Dunk High Pro “FLOM”
Perkiraan harga USD $50.000 - 60.000


Ketika diproduksi, cuma ada 24 pasang Futura SB Dunk High Pro FLOM ini di seluruh dunia dengan 21 di antaranya diberikan pada keluaga dan teman-teman kreatornya. Ini membuat cuma ada tiga pasang tersisa yang jadi barang raffle di dunia. “FLOM” dianggap sebagai SB Dunk paling langka yang pernah dibuat oleh Nike.

Air Jordan IV Drake
Terjual dengan harga USD $32.670


Dibandingkan dengan yang lain, Air Jordan IV Drake yang gak pernah rilis ini udah terjual duluan. Tentunya, harga akhirnya adalah angka yang sangat fantastis buat sepasang sneakers. Tapi mengingat ini adalah hasil sebuah proyek yang gak jadi rilis, jadi wajar barangnya super langka dan dihargai sangat tinggi.

Jeff Staple Nike SB Dunk Low Pro “NYC Pigeon”
Perkiraan harga USD $25.000 - $30.000


NYC Pigeon dianggap sebagai salah satu sneakers paling bersejarah di dunia karena salah satu seri yang membangun hype dari kultur sneaker dunia. Di dunia, NYC Pigeon cuma diproduksi 150 pasang aja yang membuatnya jadi rebutan saat hari perilisan.

Peter Moore NIke Air Jordan 1 High OG “Bred”
Perkiraan harga USD $8.000 - $10.000


Air Jordan 1 yang didesain oleh Peter Moore udah dianggap sebagai salah satu siluet sneaker paling ikonik sepanjang masa. Sepasang sneaker yang masuk pelelangan ini adalah bagian dari penjualan tahun 1985 ketika Michael Jordan mendapat sanksi karena menggunakannya di atas lapangan.

Dengan harga selangit seperti itu, kira-kira siapa ya yang bakal beli?