Mungkin antusias dan hype sneakers belum begitu lama berkembang di Indonesia. Namun, bukan berarti sedikit sneakerhead yang ikut terjun ke dalam hype tersebut. Sejak beberapa tahun lalu, mulai banyak enthusiast yang secara serius mengoleksi dan mendalami peran mereka di dalam dunia sneakers ini.

Antusiasme terhadap sneakers bikin banyak brand mengalami kenaikan harga resale yang berkali lipat dari harga aslinya. Salah satu sneaker dengan peningkatan harga resale tertinggi di dunia adalah Off White x Nike Air Force 1 MoMA Low yang meningkat dari harga jual eceran rata-rata USD $175 jadi USD $3.750. Ini artinya, harga sneaker yang hype tersebut naik sekitar 2.143%!

Kalau di dalam negeri, lo mungkin mengenal sneaker Compass yang ngalamin hal serupa. Sneaker hasil collab mereka dengan Kelompok Penerbang Roket terjual hingga belasan juta rupiah di pasar resale.


Dengan peningkatan harga resale sneaker lokal yang hype seperti ini, artinya antusiasme sneakerhead dalam negeri juga mulai besar. Untuk itulah banyak banget event tentang sneakers diadakan di berbagai kota besar.

Semua bermula dari Footurama yang membuat forum dengan 27 anggota dan rutin melakukan event bertajuk Footurama Swap Meet saat itu dan berkembang jadi punya ratusan anggota. Bertahun-tahun kemudian, pada tahun 2017 Jakarta Sneaker Day dan Urban Sneaker Society debut menciptakan event sneaker berskala besar.

Hal ini diikuti dengan kemunculan Bandung Sneaker Season 1.0 pada tahun 2018 lalu yang dipelopori oleh Ipam Evil, pemilik dari brand streetwear Evil Army.

Di tahun 2020 ini, Bandung Sneaker Season kembali lagi buat mewadahi minat para sneakerhead dari berbagai penjuru tanah air. Berikut ini sekilas tentang Bandung Sneaker Season 2020.

Tentang Bandung Sneakers Season 2020


Setelah dimulai pada tahun 2018 lalu, kini Bandung Sneaker Season edisi ketiga hadir lagi buat lo semua sneakerhead dalam negeri. Bandung Sneaker Season sendiri adalah event bertema sneaker terbesar dan paling ramai di Bandung. Tapi tentu aja, pengunjung BSS bukan cuma dari Bandung tapi datang dari berbagai daerah.

Pada edisi pertamanya tahun 2018 lalu, Bandung Sneaker Season langsung mampu menarik perhatian lebih dari 20.000 pengunjung selama periode event tersebut. Begitupun di Bandung Sneaker Season 2.0 yang diadakan tahun lalu, pengunjung dan sneakerhead semakin banyak dengan lebih dari 25.000 orang yang tertarik buat datang dan melihat serta mengunjungi berbagai tenant dari brand luar maupun brand lokal.


Nah karena antusiasme yang tinggi dua tahun sebelumnya, kali ini Bandung Sneaker Season tetap hadir meski dengan berbagai perbedaan.

Ada perbedaan mencolok untuk Bandung Sneaker Season 2020 ini, Bro. Karena pandemi corona yang masih terus terjadi event sneaker terbesar di Bandung ini berubah format jadi event live streaming secara online. Gak cuma live streaming, event tersebut bisa lo ikuti dengan mengunjungi website, channel YouTube, serta media sosial milik Bandung Sneaker Season mulai dari 18 September hingga 17 Oktober.

Event live streaming sendiri udah dilaksanakan pada 24 September lalu dan bakal kembali ke hadapan lo pada tanggal 1, 8, dan 15 Oktober ini. Ada beberapa hal yang bisa lo lakukan selama live streaming ini, Bro!

Di setiap tanggal streaming tersebut, bakal ada preview dari berbagai sneakers keren dan eksklusif yang bisa lo dapatkan dalam raffle. Selain itu ada juga talkshow yang dipandu oleh host ternama serta live music dari beberapa bintang tamu yang gak kalah keren.

Pada tanggal 24 September lalu, sneakers yang udah sold out dalam raffle adalah Air Jordan 1 Fearless, Air Jordan 1 Royal Toe, Air Jordan 1 Tie Dye, dan juga dua sneaker lokal yang gak kalah hits yaitu Campess x Isser James: Semesta Ilusimu dan Compass Gazelle High Black.

Berikut ini adalah jadwal raffle yang wajib lo tau, Bro:

1 Oktober

Travis Scott Air Max 270, Air Jordan 1 Silver Japan, Travis Scott Air Force 1 Low, Campess x Isser James: Semesta Ilusimu dan Compass Gazelle High Black.

8 Oktober

Nike SB Dunk Low Off-White Red, Air Jordan 1 Smoke Grey, Air Jordan 1 Facetasm, Campess x Isser James: Semesta Ilusimu dan Compass Gazelle High Black.

15 Oktober

Air Jordan 1 Low Travis Scott, Nike Kobe 5 Lakers, Air Jordan 1 Black Satin Gym Red, Campess x Isser James: Semesta Ilusimu dan Compass Gazelle High Black.

Raffle ini sendiri bisa lo akses dalam link berikut ini https://bandungsneakerseason.com/raffle/all

Ada beberapa Sneakers yang melibatkan Travis Scott dalam raffle kali ini. Mungkin bisa dibilang yang paling ikonik adalah Travis Scott Air Force 1 Low. Sneakers satu ini menggunakan seri flagship dari Nike yaitu Air Force 1 yang terkenal sering dijual dengan harga yang lumayan tinggi di berbagai marketplace. Sebelum rilis secara resmi untuk publik, Travis Scott secara misterius memberikan sepasang sneaker tersebut pada seorang fans yang hadir ke konser musiknya. Saking penasaran orang-orang dengan sneaker ini, orang yang diberi langsung oleh Travis Scott pernah mendapat tawaran hingga ribuan dolar untuk merelakannya. Namun untungnya sang penggemar tidak melepas sneaker eksklusif yang saat itu belum punya nama resmi ini.

Travis Scott Air Force 1 Low dinilai menunjukkan selera fashion sang rapper yang unik dan kompleks dengan perpaduan berbagai elemen di dalamnya. Selain itu, tentunya sneaker satu ini terbuat dari berbagai material berbeda yang menambah kesan unik tersebut ketika digunakan.

Selain berbagai lini sneaker di atas, ada juga Air Jordan 1 High Dior dengan desain yang premium dan eksklusif yang jadi grand raffle dalam edisi Bandung Sneaker Season tahun ini.


Gak lupa juga, ada giveaway sneaker Ventela buat lo yang ikutan raffle tersebut.

Hampir 100 tenant hadir di Bandung Sneaker Season 2020


Meski gak bisa melaksanakan event secara offline, Bandung Sneaker Season tetap menghadirkan banyak tenant dari berbagai brand. Bahkan, total tahun ini Bandung Sneaker Season menghadirkan 92 tenant yang bisa lo kunjungi di https://bandungsneakerseason.com/tenant

Di antara banyak tenant yang bisa lo kunjungi secara online itu, ada beberapa nama besar dari jajaran komunitas lokal yaitu EVIL yang didirikan oleh Ipam Evil, ada juga Super Sentimental Secret Theory yang merupakan brand streetwear milik Mielka R. Bardin, lalu ada Hoops Indonesia sebagai official store basket pertama dan terbesar di Indonesia, dan juga Kick Avenue yang jadi marketplace khusus sneaker pertama di Indonesia.

Di sana lo bisa dapetin banyak banget steal deal dan penawaran menarik lainnya!

Bandung Sneakers Season 2020 Bakal Ada Giveaway Buat Lo Semua!


Buat meramaikan event online ini, ada hal menarik yang bisa lo ikuti Bro!

Bandung Sneaker Season dan LAzone.id mau ngasih lo satu sneaker Air Jordan 1 Low Black Toe dan satu unit jam tangan G-SHOCK Warrior!

Mau? Caranya gampang banget!

Pertama, lo harus follow akun Instagram @lazone.id. Upload foto gaya kece lo dengan tema “What’s On Your Feet?” dan sertakan caption yang menarik serta relevan. Jangan lupa juga buat cantumin hashtag #LAzoneBSS2020 dan tag akun @lazone.id serta 3 temen lo buat ikutan event giveaway ini!


Periode submit foto udah dibuka mulai dari 17 September - 17 Oktober 2020 ini. Jangan sampe kelewatan karena Air Jordan dan G-SHOCK udah menunggu buat lo dapetin, Bro!

BSS 2020 : Ada Hiburan Menarik

Gak cuma tenant dari berbagai brand streetwear keren dan raffle yang diadakan oleh Bandung Sneaker Season 2020, tapi lo juga bisa menyaksikan berbagai hiburan menarik di dalamnya.

Lo pasti butuh penyemangat setelah melalui tahun 2020 yang penuh lika liku ini, makanya Bandung Sneaker Season ngadain live virtual concert juga buat lo yang hadir. Bandung Sneaker Season 2020 sendiri mengajak berbagai bintang tamu keren seperti Ardhito Pramono, Pamungkas, Pure Saturday, dan juga Rock N’ Roll Mafia.

Caranya gampang banget, seperti yang udah gue sebutkan barusan lo tinggal pantengin terus media sosia, official website, dan juga channel YouTube dari Bandung Sneaker Season.

Gak cuma live virtual concert Bro, lo juga bisa menyaksikan talkshow yang dipandu oleh Aurelie Moeremans, Gading Marten, Isser Whitey James, dan Ink Marty.

Tunggu apa lagi Bro? Sekarang lo semua bisa datang ke event sneaker dan streetwear terbesar dan paling ramai di Bandung tanpa harus keluar dari rumah. Cukup bermodal laptop, hp, atau gadget lainnya yang tersambung dengan internet lo bisa menikmati berbagai hiburan yang ada. 

Belanja segala macam apparel di tenant yang meramaikan event ini pun bisa lo lakukan secara online dengan berbagai tawaran menarik yang ada. Dijamin banyak banget steal deal!

Gimana? Apakah lo udah ikutan dari awal atau baru mau gabung sekarang? Sekali lagi gue ingetin bahwa event ini bakal berlangsung sampai tanggal 17 Oktober nanti. Jadi buat lo yang belum ikutan, masih punya banyak waktu nih. Ajak juga temen-temen lo buat ikutan keseruannya dari rumah.

Siapa tau, di antara lo ada yang berhasil dapetin koleksi sneaker eksklusif dari raffle di https://bandungsneakerseason.com/raffle/all dan juga menangin giveaway-nya.

Oh iya Bro, jangan lupa juga buat tetap pantengin semua media sosial @lazone.id buat dapetin berbagai info serta update keren dan menarik lainnya!