Bikin Sneakers Sesuai Selera dengan Custom!

LAZONE.ID - Biar gak bosen nih walaupun lo cuma pake satu model aja

Udah mulai bosan dengan sneakers yang biasa lo gunakan? Warnanya terlalu polos dan udah gak begitu menarik untuk dilihat? Custom adalah solusi yang tepat supaya sneakers lo jadi lebih segar dan terlihat berbeda.

Daripada membeli baru, kemungkinan lo cepat bosan lebih besar daripada dengan melakukan custom sneakers sendiri. Meskipun banyak banget desain sneakers di luar sana, tapi dengan custom lo bisa mengkreasikan ide lo dengan bebas dan menjadikan sneakers sebagai kanvas seni yang siap lo lukis.

Meski sekarang udah banyak workshop yang menyediakan jasa custom sneakers, gak ada salahnya lo mencoba untuk melakukannya sendiri dari rumah. Kalau minat untuk custom secara mandiri, nih beberapa tips buat lo.

Sketsakan dulu desain yang diinginkan
Sebelum menuangkan kreasi lo di atas sneakers, gak ada salahnya lo bikin dulu sketsanya di atas kertas atau di media apapun. Tujuannya tentu aja supaya lo punya gambaran tentang apa yang ingin lo gambarkan nantinya. Dengan melakukan sketsa sebelumnya bisa meminimalisir kesalahan dalam melukiskan sesuatu.

Gambar garis outline pada sneakers lo

Menggambar garis outline sesuai gambar yang lo inginkan berguna untuk mencegah warna yang tertentu mengenai bagian yang tidak diinginkan. Tentu aja ini bakal bikin gambar dan warna lebih rapi dan gak saling bertabrakan.

Cat apa yang harusnya lo gunakan?

Sama seperti halnya dalam melakukan repainting, banyak banget cat yang bisa digunakan untuk melukiskan apapun yang lo mau. Cat air dan cat minyak adalah dua jenis yang lumayan sering digunakan karena paling mudah didapatkan. Tapi untuk hasil yang maksimal, cat akrilik adalah pilihan paling tepat buat lo.

Soalnya, cat akrilik ini mengandung formula khusus yang gak bakal bikin sepatu lo terasa kaku ketika custom selesai dilakukan. Body sepatu yang kaku karena cat bisa menimbulkan efek pecah-pecah pada gambar ataupun pola warna yang lo gambarkan ketika sepatu tertekuk saat digunakan.

Untuk sneakers berbahan kanvas, lo juga bisa coba untuk menggunakan spidol permanen untuk membuat desain custom ini. Material kanvas sendiri dinilai lebih mudah untuk menyerap tinta dan cat dibandingkan dengan material lainnya. Jangan lupa gunakan alas saat mengerjakannya supaya gak ada tinta atau cat yang menodai tempat di sekitar lo.

Gunakan sealer acrylic dan jangan langsung cuci sepatu

Setelah membiarkan catnya mengering, lo masih takut bahwa hasil karya tersebut bakal rusak oleh air? Semprotkanlah sealer acrylic pada seluruh bagian sneakers untuk sepatu berbahan kain. Atau bahkan kalau perlu cat bening kalau sepatu yang lo gunakan berbahan dasar kulit. Langkah ini bakal melindungi sneakers lo dari hujan dan jangan langsung cuci setelahnya. Kalau kotoran dan ingin membersihkannya, cukup menggunakan tisu basah atau kain yang dibasahi air hangat.

Udah siap buat bikin sneakers custom lo sendiri? Jangan takut buat berkreasi dan tunjukkan diri lo lewat kreasi tersebut!