Dunia musik Hip-Hop dan tren hype sneaker emang udah gak bisa dipisahkan sekarang. Udah banyak nama besar dari genre musik ini yang punya koleksi signature sneaker dan collab eksklusif dengan brand-brand besar, bahkan ada yang punya brand sendiri dan jadi yang teratas di pasar sneakers.

Tapi tau gak lo bahwa Drake juga pernah punya sebuah sneaker collab dengan Jordan Brand? Kalau banyak yang gak tau wajar, soalnya emang sneakers ini gak pernah dirilis secara resmi.


Sneaker yang dimaksud adalah seri Air Jordan IV Splatter. Jauh sebelum dilirik oleh Drake, Air Jordan IV Splatter ini udah punya cerita yang kurang baik. Soalnya dahulu pun sneaker ini udah berkali-kali gagal rilis ke pasaran.

Pada tahun 1989, Air Jordan IV seharusnya jadi bagian dari colorway utama ketika dirilis. Beda dengan Air Jordan IV Bred, seri satu ini punya coretan warna merah dan putih di bagian belakangnya, memberikan variasi sentuhan untuk jadi sebuah colorway yang berbeda.

Tapi entah apa alasannya Nike dan Air Jordan berkali-kali gak jadi rilis seri tersebut, padahal kalau dilihat-lihat modelnya punya tampilan yang unik.


Akhirnya Drake melirik sneaker tersebut buat kembali dirilis pada tahun 2017. Bedanya, sang musisi menambahkan iterasi dari label rekaman miliknya, OVO Sounds pada sneaker tersebut. Sayangnya lagi-lagi Air Jordan IV Splatter gagal mencapai permukaan dan terkubur di gudang produk yang gagal rilis.

Namun, bulan lalu Sotheby mendaftarkannya dalam pelelangan. Sneaker ini awalnya ditargetkan bakal terjual pada USD $10.000-12.000. Tapi kenyataannya jauh lebih tinggi, karena pada acara lelang secara online ini AIr Jordan IV Splatter edisi Drake terjual dengan harga USD $32.670!

Walaupun gak rilis secara resmi, seenggaknya sneaker ini menemukan pemilik yang mau memilikinya dan terjual dengan harga selangit.