Setiap film yang diangkat dari novel pasti tidak akan sepenuhnya sama persis, bro. Bakal ada beberapa ubahan yang disesuaikan. Selain itu, ada juga fakta-fakta menarik yang enggak disebutin di novel, tapi muncul di filmnya. Begitu pula dengan film The Maze Runner yang diangkat dari novel karya James Dashner.

1. Nama Karakter Diambil dari Tokoh Terkenal

Fakta menarik yang pertama tentunya adalah nama-nama dari karakter di sini. Kalo loe perhatiin, nama-nama mereka banyak yang diambil dari tokoh-tokoh bersejarah, penemu, ahli matematika, filsuf, ilmuwan, dan lainnya, untuk mengilustrasikan keahlian mereka masing-masing. Sebut saja seperti, Thomas (Thomas Alfa Edison), Alby (Albert Einstein), Newt (Isaac Newton), Chuck (Charles Darwin), Gally (Galileo), Teresa (Mother Theresa), Winston (Winston Churchill), Ben (Benjamin Franklin), Siggy (Sigmund Freud), dan lain-lainnya.

2. Proses Syuting yang Singkat

Kalo menurut loe film The Maze Runner dikerjakan dalam proses yang panjang, loe salah besar. Dylan O'Brien yang memerankan tokoh utama Thomas, cuma dikasih waktu 4 hari untuk membaca novelnya sebelum syuting. Sementara syutingnya sendiri, hanya memakan waktu 42 hari, bro.

3. James Dashner Tampil Sebagai Cameo

Fakta menarik berikutnya adalah sang penulis yang ikut diajak narsis. Sama seperti Stan Lee yang selalu muncul menjadi cameo di tiap film Marvel, di sini juga James Dashner juga ikut muncul di akhir film. Tepatnya ada di adegan saat Ava Paige lagi bicara, lalu kamera zoom ke arahnya. Nah, pria yang ada di kanan adalah James Dashner.

4. Nama Wes Ball dan Wyck Godfrey di Dinding

Di film The Maze Runner, tiap ada karakter yang mati, namanya akan diabadikan di dinding. Coba loe perhatiin deh di saat Thomas mau menulis nama temannya di dinding, di situ juga tertulis nama Wes Ball sang sutradara dan Wyck Godfrey sang produser.

5. Audisi Lewat Twitter

Black Cooper yang memerankan Chuck mendapat kesempatan untuk main di The Maze Runner melalui Twitter, bro. Begitu tahu The Maze Runner bakal dijadikan sebuah film, Cooper langsung mengirim banyak tweet ke Wes Ball. Rupanya, doi salah satu fans berat dari novel ini. Meskipun kemampuan akting Cooper masih dipertanyakan, tapi Wes Ball memberinya kesempatan untuk audisi melalui akun twitternya.

6. Survey Melalui Twitter

Masih dalam ranah Twitter, Wes Ball yang memulai syuting juga enggak melupakan para penggemar dari novel The Maze Runner. Ball bertanya melalui akun twitter-nya, adegan mana yang harus ada di film ini. Ball ingin memastikan semua adegan yang disukai banyak pembaca, hadir juga dalam filmnya.

7. Lokasi Syuting di Sarang Ular

Syuting The Maze Runner sebenarnya dilakukan di sebuah peternakan yang memiliki luas 200 hektar, namun Wes Ball hanya menggunakan 18 hektarnya saja, bro. Di sini, enggak seperti lokasi syuting film Hollywood kebanyakan yang bersih dan aman. Awalnya, terdapat banyak serangga dan ular beracun yang ditemukan di lokasi syuting. Kira-kira ada sekitar 25 ular beracun, dan salah satunya ada ular derik yang panjangnya mencapai 1,5 meter.

8. Team Building

Untuk membangun chemistry antara sesama pemain, para aktor dan aktris berkemah bersama para ahli untuk latihan skill bertahan hidup. Untuk lebih menguatkan chemistry, mereka meminta Wes Ball untuk menginap semalam di lokasi syuting. Tentunya sebelum mereka tahu ada banyak ular di sana, bro.

9. Tidak Banyak Adegan Lari

Untuk sebuah film dengan judul Maze Runner, enggak banyak adegan lari di dalam labirin di sepanjang film.