Bikin film adalah sebuah proses yang panjang dan super rumit. Dalam mewujudkan visinya, sutradara harus bisa mengarahkan naskah yang dirinya miliki. Selain itu, dana yang besar juga diperlukan untuk menyokong semuanya dari segi teknis hingga marketing.

Salah satu tanda keberhasilan sebuah film dalam marketing adalah bagaimana orang ngerasa hype sama film yang bakal tayang. Sayangnya nih Bro, ada sebagian film Hollywood yang dapet hype tinggi tapi malah rugi di box office.

Berikut ini beberapa di antaranya, Bro.

 

Terminator: Dark Fate

Siapa yang gak tau film Terminator? Film pertamanya tayang pada tahun 1984, dan dilanjutin dengan film Terminator 2 tahun 1991. Film keduanya ini bahkan masih sering ditayangin di televisi lokal hingga sekarang. Franchise Terminator sendiri udah menghadapi beberapa kali reboot gagal, mungkin yang sekarang termasuk di antaranya. Film ini digembar gemborkan bakal jadi “pembeda” dari sekuel sebelumnya. Ditambah, James Cameron balik ke kursi sutradara dan film ini dijanjikan lanjutin cerita langsung dari film kedua. Sayangnya, Terminator: Dark Fate gagal memenuhi harapan banyak orang, dan banyak yang memprediksi film ke-6 Terminator ini bakal merugi US$100 juta - US$120 juta di akhir masa penayangannya nanti.

 

Solo: A Star Wars Story

Solo: A Star Wars Story ngejanjiin banyak hal buat penggemar. Film ini disambut banyak banget orang karena menghidupkan kembali salah satu karakter ikonik Star Wars, Han Solo sang pengemudi Millennium Falcon dan sahabatnya Chewbacca. Sayangnya, meski didukung banyak aktor berpengalaman dan budget sebesar US$400 juta, film ini dapet banyak banget review jelek. Film ini bahkan dilabeli sebagai bencana buat Lucasfilm dan Disney dengan pendapatan cuma sekitar US$392 juta dari seluruh dunia.

 

Steve Jobs

Sebagai salah satu orang yang berpengaruh di dunia, udah ada beberapa studio film mencoba untuk ngangkat kisahnya ke layar lebar. Ada dua judul besar yang perlu disoroti, yaitu ‘Jobs’ yang tayang tahun 2013 dan ‘Steve Jobs’ yang tayang pada 2015. Keduanya mirip, nyeritain kisah gimana sang mantan CEO Apple membangun kesuksesannya. Tapi kalau lo bandingin, ‘Steve Jobs’ versi 2015 ini mengecewakan. Michael Fassbender yang memerankan Jobs juga tampil kurang meyakinkan dibandingkan dengan Ashton Kutcher yang terlihat menjiwai dan kebetulan wajahnya mirip banget dengan Steve Jobs di ‘Jobs’ versi 2013. Dari US$30 juta biaya produksi, pihak studio cuma bisa meraup pendapatan sebesar US$17,8 juta. 

 

The Lone Ranger

Dengan nama Johnny Depp yang lagi di puncak karena kesuksesan franchise Pirates Of The Caribbean, ‘The Lone Ranger’ terlihat meyakinkan. Budget yang besar gak nolong film ini dari kritikan semasa rentang waktu penayangan. Total kerugian pihak studio dari film ini adalah sekitar US$98 juta. 

Di antara film di atas, mana yang pernah lo tonton, Bro? Gimana tanggapan lo terhadap film-film di atas?