Lo semua pasti udah dapat kabar kan kalo Stephen Hawking tutup usia di umurnya yang ke 76 tahun. Yap, hal itu memang mengejutkan dunia. Selama hidupnya, Stephen dikaitkan dengan teorinya tentang alam semesta yang dikenal sebagai teori Bigbang dan Lubang Hitam.

Sebelum tutup usia, sedikit kisah hidup Stephen Hawking sempat dibuat menjadi film berjudul The Theory of Everything. Film itu sendiri tayang pada 2014 lalu. Film ini dibuat berdasarkan autobiografi mantan istri Stephen Hawking, Jane Wilde Hawking berjudul Travelling to Infinity: My Life with Stephen. 

Film yang disutradari oleh James Marsh ditulis oleh Anthony McCarten ini membawa Eddie Redmayne dan Felicity Jones sebagai pemeran Stephen-Jane Hawkings.

Ini Film Tentang Stephen Hawking yang Meraih Academy Award Ala Inggris

Theory of Everything menceritakan kisah asmara antara Stephen dan Jane saat bertemu di Universitas Cambridge. Enggak cuma itu, film ini juga menceritakan masa-masa sulit saat penyakit motor neuron yang diderita Stephen semakin parah. Soalnya penyakit ini buat Stephen enggak bisa menggerakan sebagian besar dari tubuhnya.

Total pendapatan yang berhasil diraih oleh film ini mencapai 123,7 juta dollar AS (1,7 triliun) dengan biaya produksi hanya sekitar 14 juta dollar AS (Rp 200 miliar). Saat itu film ini berhasil menempati posisi ke 7 di box-office.

Theory of Everything juga menyabet sejumlah penghargaan dari beberapa ajang film bergengsi. Film ini terpilih sebagai Film Inggris dan adaptasi Skenario terbaik dalam perhelatan Academy Award ala Inggris, BAFTA di tahun 2015. Enggak cuma itu, film ini juga menyabet penghargaan sebagai film Eropa terbaik pada anugerah David di Donatello.