Setelah kemunculan Jared Leto sebagai Joker yang enggak sukses-sukses amat, harapan muncul di pundak Joaquin Phoenix. Film solo Joker garapan sutradara Todd Phillips itu sukses besar di box office dan dapat ulasan positif dari kritikus.

Joker sendiri dapat 11 nominasi Oscar, dengan nama Joaquin Phoenix di kategori Aktor Terbaik. Sebelumnya dia menang Golden Globe Awards di kategori yang sama.

Nah, ada satu piala lagi yang mengisi lemari Joaquin Phoenix lewat peran Joker, yaitu Screen Actors Guild Awards. Ini adalah penghargaan paling bergengsi buat komunitas aktor dunia.



Joaquin mengalahkan sejumlah nama besar seperti Leonardo DiCaprio, Christian Bale, Adam Driver dan Taron Egerton. Dalam pidatonya, Phoenix ngasih penghormatan ke Heath Ledger.

“Aku berdiri di sini, berada di pundak aktor favoritku, Heath Ledger,” kata Phoenix.

Heath Ledger bakal terus dikenang sebagai salah satu aktor terbaik Hollywood. Terutama setelah perannya sebagai Joker di film trilogi The Dark Knight garapan Christopher Nolan.

Tapi sayang dia tewas di apartemennya di New York karena overdosis pada 22 Januari 2008. Ledger enggak sempat nonton film terakhirnya sebagai Joker.