Euforia Joker yang mulai tayang emang asyik banget diomongin. Apalagi reviewnya bagus banget meski sarat kontroversi.

Nah LAzone mau compare lagi nih villain Batman satu ini dengan musuh legendaris sang Ksatria Gotham lainnya yang karakteristiknya punya kesamaan dengan Mr J.

Dia adalah Riddler yang punya nama alias Edward Nygma. Karakter ini pernah muncul di Batman Forever yang kala itu diperanin sama Jim Carrey.

Di sana, karakter gilanya cenderung nonjol meski dalam komik dan orisinalnya dia lebih identik sama kejeniusan. Jenius tapi keliru dan salah jalan.



Riddler yang pandai banget itu juga identik sama teka-teki bro. Ia pun sempet-sempetnya kok lempar tebak-tebakan sama Batman di partai hidup mati dalam scene Batman Forever yang kala itu dimainkan Val Kilmer.

Tapi karakteristiknya mulai tak terlalu jauh dari cerita orisinilnya ketika diangkat lagi ke Serial. Gotham adalah kembalinya Riddler ke medium layar yang bisa ditonton orang.

Ketika The Batman versi Robert Pattinson mengeluarkan rumor bahwa Riddler bisa muncul, fans pun seneng banget meski belum tahu gimana kebenaran isu tersebut.

Joker merupakan sosok kacau yang memang sakit dan gila. Tapi Riddler alias Edward Nygma tidak segila itu meski dalam pencitraannya dulu di layar lebar terlalu sakit.

Kalau keduanya bertarung, kayaknya Joker tetap akan menang karena kesadisannya dan jiwanya yang sama sekali tak mengenal belas kasih.

Tapi dalam seriel Batman era Adam West dulu, Joker dan Riddler pernah bersatu padu mengalahkan Batman. Kemiripan keduanya adalah kemahiran mereka dalam skenario adu domba. Tapi LAzone masih memberi nilai plus untuk Joker dalam kemampuan ini.

Strategi adu domba Joker yang legendaris belum pernah tertandingi. So, sudah siap jalan ke bioskop nonton Joker terbaru?