Dalam film trilogi orisinal 'Star Wars', warna lightsaber yang digunakan para Jedi hanyalah merah, biru dan hijau. Sementara trilogi prekuel menambah warna ungu untuk karakter Mace Windu. Beberapa warna memiliki arti, tetapi warna lain juga digunakan hanya sebagai dekorasi.

Dalam 'Episode IV: A New Hope', lightsaber yang digunakan Obi-Wan Kenobi dan Anakin Skywalker memiliki warna biru, sementara lightsaber Darth Vader berwarna merah. Sesungguhnya warna tersebut dipakai untuk membedakan si baik dan si jahat, hampir sama dengan laser hijau yang digunakan dalam di kapal Imperial, sementara laser di kapal Rebellion berwarna merah.

Luke Skywalker menggunakan lightsaber baru di 'Episode VI: Return of the Jedi'. Awalnya dia menggunakan lightsaber biru, sama seperti yang ditampilkan dalam trailer awal dan poster untuk film tersebut. Tetapi belakangan warna lightsaber-nya diganti agar memberikan warna kontras yang lebih baik selama adegan di planet Tattoine.

Pergantian fungsional itu, membuka kemungkinan warna-warna lain yang muncul di masa depan. Samuel L Jackson yang memerankan tokoh Windu, diberikan lightsaber sesuai warna favoritnya, ungu agar karakter dia terlihat di tengah pertarungan yang melibatkan lightsaber hijau, merah dan biru.

Di luar film orisinal Star Wars, tokoh dari Star Wars Expanded Universe juga memiliki beragam karakteristik. Misalnya Dark Jedi di 'Dark Forces II: Jedi Knight' menggunakan lightsaber kuning, Mara Jade memiliki lightsaber ungu dan warna lightsaber dalam video game 'Knights of the Old Republic' mencakup silver, oranye dan biru muda, bahkan 'The Force Unleashed' menampilkan lightsaber hitam, emas, hingga pink.

Menurut keterangan di 'The Jedi Path: A Manual for Students of the Force', warna lightsaber yang digunakan para Jedi sesuai dengan peruntukkannya. Misalnya Jedi Consulars yang tak ingin melakukan kekerasan, menggunakan lightsaber hijau sebagai simbol kedamaian. Sementara Jedi Guardians memegang lightsaber biru sebagai simbol solidaritas dan keseragaman.

Nah, bagi kamu yang sudah melihat trailer film 'Star Wars: The Force Awakens', tentu melihat ada bentuk lightsaber baru yang digunakan salah satu tokoh. Seperti apa fungsinya? Saksikan di bioskop 18 Desember mendatang!