MCU punya sejarah yang panjang kalau ditarik sesuai dengan alur waktunya. Sejarah MCU sendiri membentang sejak terbentuknya alam semesta dalam universe komik tersebut. Tapi, film Iron Man pada tahun 2008 lah yang memperkenalkan lo semua pada Marvel Cinematic Universe.

Meski pendapatannya gak begitu bagus secara finansial, film Iron Man pertama tetap dianggap sukses menanamkan identitas MCU di benak para penonton.

Salah satu hal yang diakui sebagai hal terberat saat menentukan awal mula universe ini adalah tentang siapakah karakter yang bakal jadi villain di film perdana. Iron Man pun dihadapkan pada Obadiah Stane, tangan kanan Tony Stark di Stark Industries.

Tapi Bro, kabarnya MCU punya rencana yang berbeda untuk film Iron Man 2008 lalu. Bahkan menurut sebagian orang hal ini bakal bikin Iron Man punya sekuel yang lebih keren lagi.



Bicara soal villain, hal tersebut adalah salah satu kelemahan  besar buat MCU. Semesta sinema Marvel hampir selalu menampilkan karakter villain yang gak meyakinkan, monoton, dan bahkan dianggap garing oleh penonton. Tapi untungnya hal tersebut tertutupi oleh bagaimana MCU menggambarkan karakter hero mereka dengan apik.

Jadi villain di film Iron Man bikin Obadiah Stane jadi villain MCU pertama yang muncul di layar lebar. Nah ternyata Marvel sebenarnya punya karakter yang lebih badass lagi untuk perkenalan Iron Man ke dunia.

Awalnya, villain yang direncanakan muncul dalam film Iron Man bukanlah Obadiah Stane alias Iron Monger. Menurut kabar yang beredar, script awal film Iron Man menempatkan The Mandarin sebagai antagonis utama. Hal ini terbilang masuk akal karena pada awal film, Tony Stark diculik oleh Ten Rings, organisasi yang dipimpin oleh The Mandarin. Belum lagi kalau mengingat bahwa The Mandarin adalah musuh bebuyutan Iron man dalam versi komik.

Banyak yang menilai kemunculan The Mandarin di film pertama Iron Man bakal membuat karakter ini punya sekuel yang lebih bagus lagi daripada Iron Man 2.



Rencana tersebut dibilang bakal lebih baik untuk Iron Man karena penggemar bakal disuguhkan pada pendalaman karakter Obadiah Stane yang lebih dalam sebagai villain untuk Iron Man. Di film pertama, motivasi karakter tersebut dianggap terlalu lemah dan kurang menggugah untuk para penggemar. Yap, dibandingkan langsung jadi antagonis di film pertama, Iron Monger seharusnya jadi karakter antagonis untuk film kedua, Bro.



Sayangnya karakter Iron Monger ini berkembang jadi villain di film pertama sejak terpilihnya Jeff Bridges sebagai pemeran karakter tersebut. Marvel dianggap gak mau menyia-nyiakan penampilan Bridges yang emang cocok memerankan karakter antagonis.

Tapi apapun yang terjadi di masa lalu, Iron Man tetap jadi karakter favorit buat sebagian besar penggemar MCU meski kisahnya harus berakhir tragis di film Avengers: Endgame. Karakter The Mandarin yang seharusnya muncul di awal perkenalannya di MCU pun bakal benar-benar hadir di film MCU lainnya yang akan datang, Shang Chi: Legend Of The Ten Rings.

Jadi penasaran, gimana ya Marvel menggambarkan sosok The Mandarin dalam film Shang Chi nanti? Soalnya sebelumnya di Iron man 3, The Mandarin yang muncul bukan The Mandarin sungguhan.