Label ‘based on true story’ seakan jadi senjata para movie makers untuk bisa menjaring penonton lebih banyak dan emang selalu berhasil. Entah kenapa statement tersebut seperti mempengaruhi para penikmat film secara emosional. Kemudian bisa dipastikan mereka semua hanyut dalam kisah dan bahkan terinspirasi.  

Tapi, siapa yang menyangka jika nggak semua film adaptasi kisah nyata tersebut mengkopi tempel apa yang ada. Justru ada beberapa yang dibuat-buat hanya untuk menambah kesan dramatis dan agar memikat penonton aja. Seperti deretan film berikut yang sangat jauh dari aslinya.

The Pursuit of Happiness (2006)

Sangat kagum melihat perjuangan Will Gardener (Will Smith) dalam mencapai impian. Segala hal diterimanya dengan sabar meskipun nggak semua usahanya berhasil. Sisi positif Will sangat kental di sini sehingga bikin moviegoers benar-benar terilhami. Loe pasti bakal sangat bersemangat ketika menonton kisah ini.

Sayangnya, Will asli bukanlah pria baik-baik. Sering main wanita, melakukan hal-hal bodoh dan cenderung kasar. Sangat jauh berbeda dengan kesan ‘good daddy’ yang disuguhkan pada versi film.

The Perfect Storm (2000)

Menceritakan kisah mati-matian Andrea Gail dalam bertarung melawan badai. Epic dan sangat menegangkan, siapa yang menyangka kisah ini cuma kumpulan cerita-cerita yang digabungkan menjadi satu. Memberikan keterangan diadaptasi dari kisah nyata, film ini benar-benar sukses menipu banyak penikmat film.

Flight (2012)

Film yang dibintangi oleh Denzel Washington ini berkisah tentang kecelakaan Alaska Airlines Flight 261 pada tahun 2000 kemarin. Denzel yang berperan sebagai pilot adalah tokoh fiksi yang dibuat-buat. Hal yang sama juga dilakukan pada part konklusi di mana pada filmnya hanya 6 korban meninggal, padahal fakta membuktikan semua penumpang nggak ada yang selamat.

Nggak nyangka film yang bikin jutaan mata sembab itu ternyata nggak lebih dari kisah yang ditambah dan dikurangi aja. Lain kali harus lebih teliti tuh sebelum nonton, baca review biar nggak rugi nantinya.