Para Pemecah Rekor di Dunia Musik Satu Dekade Terakhir

LAZONE.ID - Ternyata musik juga gak jauh dari statistik dan angka.

Ngomongin musik, mungkin yang paling pertama terlintas adalah keindahan lantunan nada, bagaimana lirik bisa menyentuh para pendengar dan performa para musisi di atas panggung. Tapi Bro, ternyata musik bukan cuma ada di seputar hal-hal tersebut. Dunia musik juga penuh data angka dan statistik.

Karena itulah, musik sering menciptakan rekor-rekornya sendiri berkaitan dengan lagu atau musisi yang membawakan lagu tersebut, dan dekade 2010-an ini jadi salah satu yang terpanas karena terciptanya banyak rekor baru.

Penasaran gak Bro siapa dan apa aja rekor yang dipecahkan? Gue udah rangkum beberapa di antaranya nih.

 

Ed Sheeran: 
Artis pertama yang 2 lagu debutnya masuk Top 10 di minggu yang sama

Pada 2017 lalu, Ed Sheeran mencetak sejarah dengan jadi musisi pertama yang membawa lebih dari satu lagunya masuk Top 10 chart Billboard di minggu yang sama dengan Shape Of You dan Castle on the Hill. Beberapa bulan setelahnya di tahun yang sama, Drake jadi musisi kedua dengan catatan yang sama.

Lil Nas X:
Lagu yang paling lama bertengger di nomor 1 chart Billboard

Old Town Road jadi lagu yang terngiang-ngiang di telinga banyak orang selama belasan minggu. Gak heran sih soalnya lagu tersebut ada di urutan #1 chart Top 100 Billboard selama 19 minggu berturut-turut. Rekor sebelumnya dipegang oleh Luis Fonsi & Daddy Yankee, Mariah Carey, dan Boyz II Men yang bertengger 16 minggu di puncak.

Drake:
Musisi dengan debut di Top 10 terbanyak & Musisi dengan lagu terbanyak di Top 10 dalam satu waktu

Di tahun 2017 dan 2018, Drake mencetak dua rekor yang membanggakan. Pada tahun 2017 dirinya mengalahkan Ed Sheeran yang merupakan orang pertama dengan 2 lagu debut di top 10 chart Billboard. Pada tahun tersebut dirinya berhasil membawa 4 lagu debutnya di top 10  chart Billboard pada minggu yang sama. Lalu pada tahun 2018, dirinya mencetak rekor dimana lagu-lagu buatannya membuat chart top 10 “sesak”. Hal tersebut terjadi karena 7 lagu sekaligus ada di top 10 pada waktu yang sama.

Taylor Swift:
Penyanyi wanita dengan lagu terbanyak di chart Top 100 Billboard

Nah, rekor yang satu ini dipecahkan belum lama ini, Bro. Pada September lalu, Taylor Swift memecahkan rekor sebagai penyanyi wanita dengan lagu terbanyak di chart Top 100  di waktu yang sama dengan 18 lagu. Catatan ini ada di belakang Drake yang punya 20 lagu sekaligus di Top 100 dalam satu minggu.

Sebenernya masih banyak rekor yang dipecahkan atau diciptakan di dekade 2010-an Bro, tapi gak bisa semuanya gue masukin karena ini bakal jadi list yang panjang banget. Makanya, gue pilih beberapa yang prestisius, Bro.

Lagu apa nih yang lo suka dan pernah bertengger jadi no.1 di chart Top 100 Billboard?