Kalau ditanya band indie paling populer saat ini? Salah satu jawabannya adalah Fourtwnty. Fourtwnty yang beranggotakan Ari Lesmana, Nuwi dan Roots aktif mulai 2010. Band yang mengusung genre folk ini berasal dari Jakarta. Lewat lagu yang santai, seperti Zona Nyaman, Kusut, dan Fana Merah Jambu, Fourtwnty sukses mencuri perhatian para penikmat musik tanah air.

Namun, di balik kesuksesan Fourtwnty, ada kerja keras dari para personilnya. Meski tidak sesuai dengan passionnya, sang vokalis Ari pun sempat bekerja di Bursa Efek Jakarta dan Bank. Selama dua tahun, Ari yang merupakan sarjana S2, berprofesi sebagai marketing bank yang beroperasi di mall-mall Jakarta.

Namun, karir musiknya pelan-pelan bersinar lewat lagu 'Aku Tenang'. Lagu itu cukup populer di kalangan musisi jalanan. Mereka pun lagu itu dari YouTube. Bahkan, bisa dibilang lagu itu lebih ngetop dibanding nama Fourtwnty. Dibantu oleh personel Band Geisha, Roby sebagai produser, Fourtwnty merilis mini album 'Setengah Dulu' pada Desember 2014.

Baca Juga: Siap-siap Buat Virtual Konser Fourtwnty & Fiersa 2021!



'Setengah Dulu' berisikan lima lagu, ku Tenang, Puisi Alam, Argumentasi Dimensi, Diskusi Senja, dan Hitam Putih. Album itu pun menegaskan genre folk yang diusung oleh Ari Cs.

konser fourtwnty

Lewat lagu-lagunya yang kental dengan lirik yang puitis, mereka mengangkat tema toleransi, alam, langit dan bumi, perkara cinta, persahabatan, keluarga, dan sinestesia.

Fourtwnty akhirnya merilis album penuhnya yang berjudul Lelaku pada 2015. Lelaku berisi empat lagu yang terdapat di mini album ditambah empat lagu baru, Fana Merah Jambu, Iritasi Ringan, Diam Diam Ku Bawa, dan Aku Bukan Bintang.

Album kedua Fourtwnty menyusul pada 2018 lalu. Ego & Fungsi Otak berisi tujuh lagu, salah satunya, Zona Nyaman yang menjadi original soundtrack film Filosofi Kopi 2. Berkat lagu itu, nama Fourtwnty semakin bersinar. "Sembilu yang dulu, Biarlah berlalu. Bekerja bersama hati. Kita ini insan Bukan seekor sapi. Sembilu yang dulu. Biarlah membiru Berkarya bersama hati" begitulah penggalan lagu Zona Nyaman.

Pada April 2020, Fourtwnty merilis single terbaru berjudul Nematomorpha. Single itu dirilis dalam rangka perayaan 10 tahun band itu berkarya.  Rencananya, Fourtwnty bersiap untuk merilis album ketiga dengan membuat konser tunggal, namun belum diketahui kapan tanggal perilisan album tersebut.

Di atas panggung saat melakukan konser, Fourtwnty juga memiliki ciri khas. Ciri khas itu pun  yang menjadi magnet bagi para Society. Berikut ini beberapa konser fourtwnty yang sukses digelar :

1. Konser Fourtwnty di Bold Music Pekanbaru 2019




Fourtwnty yang tampil bersama Float dan Stars and Rabbit ikut meramaikan Bold Music yang digelar di  Pekanbaru.

2. Konser Fourtwnty di Bold City Concert Samarinda 2019



Fourtwnty bersama Barasuara tampil memukau di City Concert yang berlangsung pada tanggal 21 Juli 2019 di Convention Sempaja, Samarinda.

3. Fourtwnty di FestivaLAnd Samarinda 2019



Digelar di lapangan parkir komplek stadion Madya Sempaja, FestivaLand tidak hanya menyuguhkan penampilan musik semata, namun menyuguhkan industri pendukung dan berbagai macam bentuk kolaborasi, kreativitas, dan ekspresi di bidang musik, art, entrepreneur dan komunitas, serta industri kreatif.

Fourtwnty pun tampil sebagai puncak event dan penutupan festival itu.

4. Fourtwnty Intimate Concert: Heliotropisme



Heliotropisme merupakan konser tunggal Fourtwnty yang digelar di Medan, Makassar, Malang, Palembang, Pontianak, Padang, Bogor, Banjarmasin, Yogyakarta, dan Pekanbaru mulai September hingga Desember 2019.

Konser ini menjadi sejarah baru karena Heliotropisme menjadi tur band indie yang benar-benar dikelola sendiri.

5. Fourtwnty di Event Kickfest Bandung 2019



Kickfest 2019 digelar di Bandung pada 31 Oktober - 3 November 2019. bersama Ardhito Pramono dan band-band keren lainnya, Fourtwnty sukses menghibur para Society.

6. Konser Fourtwnty di Bold Music Virtual Concert 2020



Di tengah pandemi Covid-19, Fourtwnty tidak mau berhenti berkarya dan menghibur para Society. Ari Cs pun eksis lewat Bold Music Virtual Concert pada 5 Agustus.

7. Konser Virtual Fourtwnty di Bold Music Concert 2021

Buat lo yang kangen sama penampilan Fourtwnty, lo nggak boleh melewatkan Virtual Bold Music Concert yang akan digelar pada 19 Mei, mulai jam 20.00 hingga 22.00 WIB.