Rich Brian makin bersinar di dunia musik. Kini, ia jadi musisi Indonesia pertama yang mencapai 10 juta pendengar bulanan di Spotify.
 
Ini fakta-fakta keren Rich Brian:

1. 10 Juta Pendengar Spotify

Baca Juga: Mengenal Autotune di Dunia Musik, Instal Aplikasinya di sini



Rich Brian berhasil sebagai musisi pertama Indonesia yang didengarkan 10 juta di Spotify. Ia meraihnya lewat soundtrack film Shang-Chi and the Legend of Ten Rings.

Lagu tersebut diproduksi oleh 88rising bersama Sean Miyashiro. Album soundtrack tersebut berisi 17 track. Rich Brian sendiri membawakan 5 lagu.

2. Masuk Forbes



Setiap tahun, Forbes membuat daftar orang terkaya dan orang berpengaruh di dunia. Rich Brian pernah masuk ke dalam daftar tersebut.

Rich Brian masuk dalam daftar pemuda paling berpengaruh 30 Under 30 2018. Daftar itu membahas 30 orang berusia di bawah 30 tahun paling berpengaruh di Asia.
 
3. Jadi Aktor



Rich Brian katanya sedang dipersiapkan oleh 88Rising untuk jadi aktor. Ia juga disebut-sebut bakal berperan dalam sebuah serial komedi.

Rumornya, judul serial itu adalah We Stan hasil kerjasama antara 88Rising dan Sony Pictures TV.

4. Ganti Nama Kontroversi



Rich Brian dulu menggunakan nama Rich Chigga. Nama itu dianggap kontroversial. Ia pun mengganti nama panggungnya menjadi Rick Brian.

Rich Brian awalnya viral lewat lagu Dat Stick. Setelah satu tahun bikin album, ia memilih ganti nama panggung pada 2018.

5. Seorang YouTuber



Pada 2010, saat berusia 11 tahun, Brian ingin belajar cara memecahkan Kubus Rubik. Dia menggunakan komputer untuk mencari tahu cara melakukannya.

Dia lalu menemukan YouTube, hingga membuat konten video. Dia memulai saluran YouTube-nya sendiri pada tahun yang sama, sebelum pindah ke Vine ketika dia berusia 15 tahun.

6.  Belajar Bahasa Inggris dari YouTube dan Hip-hop



Brian belajar bahasa Inggris sendiri dengan menonton YouTube, dan mendengarkan lagu-lagu. Lagu hip-hop pertama yang dia dengar pada 2012, ketika seorang teman menunjukkan kepadanya Macklemore.

7. Lagu pertamanya direkam di iPhone



Setelah mendengarkan hip-hop selama beberapa tahun, Brian memutuskan untuk mencobanya sendiri. Dia meraih iPhone-nya, ia memproduksi musik, juga rap, dan dia belajar sendiri cara membuat instrumental dengan menyalin beberapa favoritnya.

Dia mengatakan kepada Pitchfork, “Tujuan saya adalah membuat irama terdengar persis seperti aslinya. Ketika mendengarkan lagu secara mendalam, lo menemukan semua suara kecil yang mereka gunakan, dan secara tidak sadar belajar cara memproduksi dan mixing."