Sammy Simorangkir Mengaku Cuek Soal Hal Cipta

LAZONE.ID - Sammy mengaku pasrah dan cuek mengenai pembajakan dan hak cipta. Pasalnya hal ini udah lama digaungkan, tapi masih belum terlihat realisasinya.

Masalah pembajakan emang menjadi hal yang paling digaungkan oleh para musisi. Tapi, hingga kini masih belum ada solusi yang pas banget untuk menuntaskan persoalan tersebut. Sehingga, sampai saat ini para penyanyi pun hanya bisa mengharapkan bakal segeranya ada perbaikan, termasuk Sammy Simorangkir.

Nggak hanya soal penggandaan aja, ranah  pembajakan bahkan hingga menyentuh hak cipta. Menanggapi hal ini, mantan vokalis Kerispatih ini mengaku pasrah dan lebih memilih menyerahkannya kepada pihak yang berwajib. “Untuk itu, kita percayain aja sama teman-teman artis kita yang ada DPR,” ungkapnya ketika ditemui dalam sebuah wawancara.

Nggak beberapa lama setelah keluar dari band yang udah membesarkan namanya tersebut, Sammy emang masih sering mambawakan lagu Kerispatih. Secara hukum tentu aja ia diharuskan untuk memberikan sebagian pendapatan sebagai kompensasi. Sebab itu, saat ini ia lebih suka membawakan lagunya sendiri.

“Kalau saya sudah bawa lagu sendiri. Males bawa lagu orang. Cuma terkadang yang minta itu klien yang ngundang gue,” ungkap Sammy.

Lagu milik Sammy sendiri kadang juga seiring dibawakan orang lain dalam sebuah pertunjukkan, atau juga dinyanyikan ulang dengan cara di-cover di internet. Tapi hal tersebut sama sekali nggak masalah untuknya. “Lagu gue kalau dibawain orang juga gue gak akan komplain kok. Realistis aja.”