Tresno Riadi Benci Bajakan Hingga Bangga Koleksi Album Fisik

LAZONE.ID - Mendukung banget sama orisinalitas musik Indonesia

Nama Tipe-X udah pasti bukan nama yang asing buat para penggemar skena musik ska di tanah air. Gak heran sih Bro, band yang udah ada sejak tahun 1995 ini emang udah malang melintang di dunia musik. Band yang beranggotakan Tresno, Micky, Yoss, Arie Hardjo, Billy, dan Anto ini butuh waktu 4 tahun sampai mereka bikin album pertama.

Pada tahun 1999, Tipe-X merilis album pertama mereka yang berjudul Ska Phobia. Kerennya Bro, album pertama itu terjual sebanyak 380.000 copy dan mendapat dua platinum. Sejak saat itu, karir mereka di dunia musik terus melejit dan bertahan sampai sekarang.

Sebagai seseorang yang bisa dibilang “senior” di musik dalam negeri, terutama skena musik ska, Tresno menyampaikan simpatinya terhadap musik tanah air.

Vokalis sekaligus pentolan band ini menganggap industri musik di Indonesia ini bagai hidup segan dan mati tak mau. Menurutnya, ini karena masih maraknya pembajakan lagu yang ada. Meski wadah bagi para pelaku industri musik Indonesia udah tersedia banyak, pembajakan lagu masih marak terjadi.

“Masih banyaknya bajakan yang membuat banyak musisi sekarang malas berkarya bikin album, karena bingung mau dikemanain karyanya dijual. Siapa juga yang mau beli,” katanya dalam wawancara dengan sebuah media.

Menurut Tresno, yang membuat banyak orang lebih berminat terhadap bajakan bukan karena gak mau belu yang original, tapi karena akses terhadap konten bajakan lebih mudah didapatkan.

Karena kecintaannya terhadap produk-produk original, Tresno juga merasa bangga bisa mengoleksi kaset-kaset pita dan CD original dari banyak artis di dalam maupun luar negeri. Selain sebagai cara menghargai karya para musisi, memiliki koleksi kaset dan CD juga emang cara yang dilakukan dirinya untuk menikmati musik. 

“Gue ngerasa senang dan punya kebanggaan sebagai musisi adalah album fisik,” tambah Tresno.

Meski terakhir mereka merilis album pada tahun 2012, ternyata Tipe-X masih aktif banget di dunia musik loh, Bro. Mereka masih sering manggung di acara-acara off-air dan banyak festival musik. Salah satunya adalah HeyFest! yang bakal diadakan tanggal 29 Februari dan 1 Maret ini di Summarecon mall Bekasi, Bro.

Buat lo yang penggemar Tipe-X, jangan sampe ketinggalan deh Bro buat nonton aksi mereka di HeyFest nanti. Lo juga bisa seru-seruan bareng temen lo karena masih banyak guest star lainnya yang siap meramaikan panggung HeyFest! 2020 ini, Bro.

Jangan lupa juga buat terus pantengin media sosial @lazone.id, karena gue bakal bagi-bagi tiket gratis HeyFest! 2020 ini gratis buat lo. Selain itu, lo juga bisa dapet banyak banget info dan update menarik lainnya.

#boldxpheyfest #boldxperience