Talkmen.com --- Perhatikan setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi, cepat bukan berarti sehat!

Mengonsumsi makanan atau minuma berpengawet memang menguntungkan dari segi harga yang relatif lebih murah, praktis, dan tidak memerlukan waktu lama dalam memasaknya. Apalagi jika Anda pergi ke rumah makan cepat saji, tidak perlu menunggu lama, Anda dapat langsung menyantapnya.

Seperti yang kita tahu sebagian besar makanan olahan dan cepat saji memang tidak sehat. Mereka sangat rendah nutrisi, khususnya mikronutrien seperti antioksidan dan vitamin, dan juga tinggi kalori. Mereka juga mengandung bahan-bahan industri rekayasa yang dapat sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Berikut jenis makanan olahan yang harus Anda jauhi:

1. Chicken nuggets

Mungkin Anda berpikir bahwa chicken nugget memiliki banyak protein, namun nyatanya chicken nugget memiliki lebih dari 50 persen lemak dan mengandung karbohidrat yang lebih banyak dari protein. Dan karbohidrat yang terkandung adalah karbohidrat yang sangat tidak sehat. Chicken nugget digoreng dalam minyak yang mengandung lemak trans yang dapat menyebabkan deformitas membran sel yang berkontribusi terhadap perkembangan penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2.

2. Minuman bersoda

Selain tidak mengandung gizi, minuman bersoda juga mengandung zat yang dapat menyakiti Anda. Hampir semua soda saat ini menggunakan sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS) sebagai pemanis dan ini bahkan lebih buruk daripada gula. HFCS telah terbukti merusak hati serta menyebabkan lonjakan glukosa darah yang lebih buruk daripada gula biasa.

3. Makanan yang mengandung olahan daging

Sebagian besar hot dog, burger, dan daging yang diproses lainnya mengandung banyak garam, MSG, natrium nitrat dan pengawet lainnya, rasa buatan, dan sebagainya. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa daging yang dipisahkan secara mekanis telah diproses dengan tekanan dan panas yang ekstrim sehingga gizi yang terkandung didalamnya menghilang.

4. Sereal

Mengapa begitu banyak sereal yang "diperkaya" dengan vitamin dan mineral? Karena jika tidak mereka tidak memiliki nutrisi, sehingga tidak ada yang mau membeli sereal tersebut. Berarti, vitamin secara artifisial ditambahkan selama pengolahan makanan. Dan biasanya ini menggunakan vitamin kualitas rendah. Kebanyakan sereal juga sarat dengan gula, atau bahkan sirup jagung fruktosa tinggi.

5. Dressing salad

Kebanyakan salad dressing juga mengandung sirup jagung fruktosa tinggi. Banyak juga yang mengandung lemak trans dan zat adiktif makanan seperti MSG. Salah satu cara agar tetap makan sehat adalah membuat salad dressing Anda sendiri. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol bahan-bahan yang digunakan.

Sumber berita: epyk.com