Dalam waktu dekat ini, Swedia akan menerapkan peraturan 6 jam kerja per hari untuk karyawan perusahaan di negaranya. Wah, ini bikin iri banget!

Peraturan ini merupakan hasil survei yang menyebutkan kerja 8 jam ternyata sudah sangat tak efektif lagi diberlakukan di Swedia. Survei tersebut dilakukan terhadap 600 ribu karyawan di seluruh Swedia.

Aturan 8 jam kerja juga nggak baik buat kesehatan karyawan. Hasil survei orang menunjukkan 30 persen orang yang bekerja lebih dari 8 jam perhari riskan terkena stroke dan stres. Dan, 13 persennya memiliki kecenderungan menderita jantung koroner.

Saat ini, sudah banyak perusahaan di Swedia yang menerapkan perubahan ini. Sementara perusahaan lainnya masih dalam proses percobaan.

Salah satu perusahaan yang telah menerapkan peraturan ini adalah Filimundus, perusahaan IT ternama di Stockholm. Baru satu tahun, mereka sudah merasakan dampak positifnya.

"Saya sekarang merasa bisa lebih fokus dan lebih intens terhadap pekerjaan. Setiap hari Anda memiliki stamina yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan dan masih masih memiliki energi meninggalkan kantor," ujar CEO Filimundus, Linus Feldt.

Aturan ini memang tidak terlalu mempengaruhi produktivitas perusahaan. Namun, aturan ini sangat meningkatkan kesehatan para karyawan. Nah, kalau karyawan sehat kan perusahaan bisa mengurangi dana kesehatan mereka.

Gimana bro? Tertarik pindah kerja ke Swedia?