Talkmen.com --- Exercise ringan di pagi hari tanpa harus mengunjungi gym.

Tingkatkan kinerja di kantor dengan morning exercise.   Mood yang stabil bisa didapatkan dari tubuh yang segar.

Tidak sedikit orang yang meremehkan pentingnya olahraga, terutama dengan adanya jadwal keseharian yang padat. Jam kerja yang panjang terkadang mempengaruhi hal ini, sehingga membuat Anda malas untuk berolahraga karena badan telah terasa letih. Anda bisa menyiasati hal ini dengan bangun lebih pagi dari biasanya. Banyak manfaat yang Anda dapatkan dengan bangun lebih pagi dan mengurangi begadang, karena tubuh akan terasa lebih segar ketika kulit menyentuh matahari pagi yang menyehatkan. Bagi Anda yang malas untuk keluar rumah untuk melakukan jogging atau bersepeda di pagi hari, morning exercise dapat Anda lakukan dengan efektif di rumah.

Agar tidak terburu-buru, Anda perlu bangun satu jam lebih pagi dari biasanya walaupun waktu yang dibutuhkan untuk morning exercise hanya 30 menit. Anda bisa melakukan exercise tanpa alat apapun karena exercise di pagi hari cukup mudah dan ringan untuk dilakukan. Mungkin alat yang Anda butuhkan hanyalah skipping rope yang dapat diperoleh di banyak toko olahraga. Persiapkan segala sesuatunya sebelum tidur, agar pagi Anda tidak diawali dengan tergesa-gesa. Hal ini juga akan membantu tidur Anda lebih tenang karena persiapan yang Anda lakukan telah memastikan persiapan Anda untuk exercise di pagi hari telah matang.

Bagi segelintir orang, memulai hari dengan lagu-lagu yang membuat bersemangat adalah hal penting. Buatlahplaylist yang akan membuat pagi Anda lebih terasa cerah, bahkan dapat membantu bangun lebih cepat karena tidak sabar merasakan atmosfir semangat yang dipercikkan lagu tersebut. Yang perlu diperhatikan sebelum memulai exercise adalah lakukan pemanasan yang cukup. Temperatur tubuh manusia umumnya lebih rendah di pagi hari dan pemanasan yang cukup akan membantu Anda untuk menghindari cidera ketika melakukanexercise. Lakukanlah paling tidak 5-10 menit pemanasan untuk membuat pergerakan tubuh Anda lebih fleksibel dan aliran darah semakin lancar. Contoh pemanasan yang bisa Anda lakukan adalah:

2 set dari 15 reps windmill

2 set dari 15 reps back bridge

2 set dari 15 reps pushup planks

2-3 menit menggunakan skipping rope

Pemanasan akan memakan waktu sekitar 5-10 menit, sedangkan untuk exercise-nya sendiri dibutuhkan waktu maksimal sekitar 24 menit. Ada lima jenis exercise yang perlu Anda lakukan, dengan durasi 30 detik untuk masing-masing jenis. Anda bisa melakukan istirahat selama 2-3 menit tiap selesai melakukan satu jenisexercise kemudian dilanjutkan dengan exercise berikutnya. Dengan melakukan 2 hingga 3 putaran exercise,Anda akan menghabiskan waktu sekitar 16 hingga 24 menit.

Squat Jumps

Push up dengan satu kaki terangkat

Mountain Climbers

Rotating Side Plank

Jumping Jacks

Morning exercise akan membantu Anda untuk mempermudah aktivitas harian. Kebugaran yang dihasilkan oleh morning exercise dapat membuat mood Anda di pagi hari lebih tenang dan stress-free. Efek ini tentu saja akan berpengaruh pada kinerja Anda selama bekerja. Give it a try!