Talkmen.com --- Sebuah pelukan ternyata juga dapat memberikan manfaat bagi diri Anda.

Tahukah Anda bahwa sebuah pelukan memiliki manfaat bagi diri Anda? Seperti yang dilansir oleh Shape.com, pelukan lebih banyak memberikan manfaat dibandingkan tatapan mata.

Inilah beberapa manfaat pentingnya sebuah pelukan bagi pasangan Anda.

1. Rasanya menyenangkan

Berpelukan merupakan aktifitas yang dapat mengeluarkan hormon oksitosin,yang diknela juga dengan hormon yang melepas rasa senang. Menurut Dr.Renee Horowitz, dokter pada Center for Sexual Wellness di Farmington Hills, Michigan, berpelukan mengeluarkan hormon oksitoksin yang menciptakan perasaan bahagia dan sehat. Selain itu berpelukan juga melepaskan senyawa endorphin, yaitu senyawa kimia yang berkontribusi terhadap perasaan puas.

2. Membuat Anda merasa seksi

Manfaat yang paling terasa dari berpelukan adalah membuat Anda menjadi lebih dekat dengan pasangan Anda secara fisik. Pelepasan dopamin trjadi ketika berpelukan, hal tersebut merupakan hormon yang melepaskan peningkatan keinginan untuk bercinta.

3. Mengurangi stres dan tekanan darah

Menurut A.Connors, pelatih manajemen stres dan terapis, melakukan kontaksecara fisik dengan orang lain dapat membantu mengurangi stres. Reaksi kimiawi yang terjadi saat berpelukan juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, hal tersebut mampu membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan juga mengurangi rasa stres dan cemas.

4. Membantu komunikasi lebih baik

Salah satu manfaat terbaik dari berpelukan mampu membantu masalah komunikasi. Menurut David Klow, seorang therapist masalah rumah tangga dan keluarga diChicago, memeluk merupakan cara lain untuk mengatakan bahwa Anda tahu perasaan orang yang sedang Anda peluk rasakan.