Talkmen.com --- Mengenal lebih jauh sosok Wayde King.

Pembahasan seni akuarium, bisnis, hingga keluarga.   TalkMen mendapatkan kesempatan untuk berbincang secara ekslusif dengan Wayde King, sang master akuarium, yang tampil dalam serial Tanked di saluran Animal Planet.

Jika Anda pernah menonton acara Tanked yang disiarkan di Animal Planet, pasti Anda tahu duo master dalam acara tersebut. Ya, belum lama ini kami mendapatkan undangan dari salah satu PR Agency di Jakarta yang cukup ternama untuk dapat berbincang-bincang dengan salah satu dari mereka yaitu Wayde King. Sedikit bocoran, kami menjadi satu-satunya media dari Indonesia yang mendapatkan kesempatan berbincang-bincang denga Wayde King. Seperti apa pembicaraan kami dengan King? Simak selengkapnya.

Wayde King: Halo semuanya, bagaimana kabar kalian semua? Oke, Jadi ATM adalah Acrylic Tank Manufacturing. Kami membangun akuarium dengan ukuran apapun, sebesar apapun, dan dimanapun diseluruh dunia. Kami banyak membuat banyak akuarium custom semenjak TV show kami dimulai. Jadi orang akan datang kepada kami dan mengatakan 'Hey, kami mau kulkas ini diubah menjadi akuarium atau perahu, mobil, hingga bus. Kami bisa membuat apapun menjadi sebuah akuarium. Kami memberikan tema khusus dan mengkhususkan dengan menggunakan bermacam batu koral. Terkadang kita memasukan logo dan sejenisnya tergantung permintaan dan kami mendekorasi bagian dalam dan luar dari akuarium.

Kami banyak membuat akuarium untuk celebrity dari seluruh dunia. Kami pernah membuat akuarium untuk Kobe Bryant, Jorge Posada, Barry White. Kami baru saja menyelesaikan akuarium untuk Tracy Morgan, begitu juga dengan Neil Patrick Harris. Kami juga mempunyai beberapa celebrity yang akan muncul pada musim terbaru dari Tanked ini. Kami mempunyai kemampuan untuk membangun nyaris semua jenis akuarium sesuai permintaan siapapun, dan kami sangat mencintainya. Kami mempunyai anggota keluarga yang juga bekerja di ATM yaitu istri saya, kakak ipar, mertua saya yang dipanggil The General, ada Redneck dan Agnes, dan beberapa orang lainnya. Total kami mempunyai 58 pekerja bersama kami.

Kami mempunyai warehouse sebesar 34,000 square feet. Kami semua adalah penyayang binatang. Saya sendiri mempunyai 20 burung macau besar di toko saya dan mempunyai banyak kucing. Saya mempunyai beberapa ular, iguana, dan sejenisnya. Kami semua sangat mencintai apa yang kami lakukan. Semuanya sangat menyenangkan dan kami sangat menyukainya.

Wayde King bersama Brett Raymer dan keluarganya.  

Q: Bagaimana bisnis yang kreatif ini bisa dimulai? Apa yang menjadi inspirasi kalian sehingga membuat akuarium dengan taraf yang luar biasa seperti sekarang?

Wayde King: Saya telah membangun akuarium sepanjang hidup saya. Saya memulai bersama ayah saya dimana kami merawat dan membetulkan akuarium, kemudaian pada akhirnya saya mulai keluar dari rumah dan memulai bisnis saya sendiri. Bahkan saya pertama kali bertemu dengan mertua saya karena ia ingin membuat akuarium. Ketika saya datang kerumahnya untuk mengukur dan hal-hal lainnya saya melihat foto anak perempuannya, I fell in love with her and I ended up marrying her.

Saya sedikit terjebak dengan Brett, he was the extra luggage (tertawa), kemudian dalam waktu lima tahun kami mulai membuat akuarium dengan taraf besar-besaran dan pada akhirnya kami berhasil menjadi yang terbaik dalam industri ini. Tetapi Brett adalah sosok pemalas, seperti yang bisa Anda saksikan pada TV Show kami, ia seringkali mengeluh terhadap apapun dan banyak orang yang menganggap itu sebagai sesuatu yang lucu sehingga muncul pernyataan dari seseorang bahwa kami seharusnya masuk TV.

Maka Brett mengatakan kepada saya "kita harus masuk ke Animal Planet", "I'm going to get us on TV". Respon saya kepadanya adalah "Well, you don't do much, see if you can go out and get us on TV". Akhirnya kami mulai merekam kegiatan kami dan membawanya ke berbagai pihak hingga akhirnya Nancy Glass Production membawanya langsung ke Animal Planet. Mereka mengontrak kami enam episode untuk tahun pertama, sepuluh episode di tahun kedua, dan untuk tahun ketiga saat ini kami mendapatkan 20 episode.

Wayde King bersama sang partner, Brett Raymer.  

Q: Pernahkah kalian menolak suatu proyek?

Wayde King: Tidak, tidak pernah. Kami membangun banyak akuarium untuk banyak kebun binatang di Amerika Serikat. Kami juga banyak membuat panel akrilik. Terkadang yang jadi masalah adalah kami mungkin sedikit terlalu sibuk mengerjakan proyek besar dan proyek-proyek lainnya sehingga kami tidak bisa mengerjakan hal lain di saat yang sama. Saat ini kami mempunyai 58 pekerja dan kami bisa mengerjakan 30 sampai 40 proyek bersamaan.

Kami juga seringkali kedatangan orang yang mau membangun akuarium dan mengatakan 'hey, saya mau membuat akuarium seperti ini, seperti itu' dan terkadang mereka kurang mengetahui berapa biaya yang harus mereka keluarkan untuk akuarium yang mereka mau. Jika itu terjadi kami tentu saja akan mengajari dan menjelaskan kepada mereka segala sesuatunya untuk membantu mereka menentukan pilihan. Terkadang orang datang dengan bayangan mereka akan mengeluarkan $10,000 sementara mereka butuh hingga $100.000 untuk menyelesaikan akuarium yang mereka inginkan.

Q: Apakah tantangan terbesar dalam pekerjaan Anda?

Wayde King: Untuk saat ini tantangan terbesar kami adalah menjalankan bisnis kami disaat proses filmingIt's difficult to actually do both dan kami harus memisahkan keduanya. Kami harus tetap mengerjakan bisnis kami baru kemudian melakukan proses syuting. Itu mungkin tantangan terbesar kami. Selain itu terkadang menjalankan bisnis bersama keluarga juga cukup sulit, namun pada akhirnya kami tetap berusaha mengerjakan segala sesuatunya sebaik mungkin.

Q: Apakah akuarium 'tergila' yang pernah kalian kerjakan?

Wayde King: Kami pernah membuat sebuah akuarium untuk sebuah gereja, tepatnya untuk pintu masuk gereja tersebut. Kami membutuhkan waktu dua setengah tahun untuk membangunnya. Akuarium tersebut membutuhkan dana sekitar 4.5 juta dollar dan membutuhkan 70.000 galon air. Akuarium tersebut dibuat dengan dua terowongan dan orang-orang bisa berjalan keluar masuk gereja melalui terowongan tersebut.

Q: Pernahkah kalian mendapatkan klien yang tidak puas dengan hasil akuarium yang telah dibuat? Jika ada, bagaimana kalian mengatasi situasi tersebut?

Wayde King: Kami telah membangun lebih dari 10.000 akuarium di seluruh dunia, dan jika memang terjadi masalah pasti akan kami atasi. Most of the time it's always on our dollar, dan kami akan melakukan apapun untuk memuaskan semua orang. Penah satu kali kami membangun sebuah akuarium dimana terdapat area gelap di beberapa titik, tentu saja klien kami tidak puas dan pada akhirnya kami mengangkat seluruh akuarium tersebut dan membangun yang baru demi kepuasan pemiliknya. We want to go the extra mile and we want to make everybody happy so we try the best that we could.

Tak ada kata tak mungkin bagi Wayde dan Brett.  

Q: Siapa selebriti besar yang ingin Anda buatkan akuarium?

Wayde King: Salah satu mimpi saya adalah untuk membuat - mengingat kami dari Amerika Serikat, adalah untuk membuat akuarium untuk White House dan saya mungkin ingin membuat sesuatu dalam bentuk Amerika atau dalam bentuk White House, dan mungkin juga memasukan banyak hal seperti sejarah Amerika kedalam akuarium tersebut. Akuarium lain yang ingin saya buat adalah untuk Facebook dan sejenisnya, mengerjakan sesuatu untuk suatu korporasi akan sangat menyenangkan, atau mungkin mengerjakan sesuatu untuk Nascar.

Q: Jadi tidak ada kalangan selebritas?

Wayde King: Sangat banyak diluar sana nama-nama selebriti seperti Tom Cruise, The Rock, sangat banyak aktor hebat dan aktris cantik yang akan sangat menarik untuk kami buatkan akuarium. Seperti keluarga Kardashians, itu akan menjadi proyek yang menarik, bahkan Justin Bieber akan menjadi proyek yang menarik. Akan lebih menarik jika mereka sedang dalam proses membangun rumah baru dan kami bisa ikut bekerja di saat yang bersamaan akan sangat menyenangkan.

Kami baru saja menyelesaikan akuarium live plant discus di kantor seorang dokter. Kami juga pernah membuat akuarium berbentuk jarum suntik untuk salah seorang dokter lain. Kami baru saja menyelesaikan akuarium berbentuk mesin popcorn, there's so many different things out there that we can do, but there's so many different celebritiesKami tidak selalu mengarahkan selebriti tertentu untuk menjadi klien kami. Kami mau semua orang menjadi klien kami, just the regular, you know, who would be able to afford; it’s no problem. Kami akan kerjakan akuarium apapun mulai dari yang hanya membutuhkan 50 galon air maupun 10.000 galon air, apapun yang mereka mau.

Q: During the reveal, do you always expect the client to like what you did? Apakah Anda masih sering merasakan ketegangan saat momen-momen revealling?

Wayde King: Setiap saat proses revealling, kekagetan klien saat terkejut dengan hasil kerja kami tentu saja sangat memuaskan. Kami rasa kami selalu bekerja sebaik mungkin, kami menghias akuarium sebaik mungkin dan juga kami selalu berusaha membuat hasil karya yang over the top untuk membuat mereka senang, Ya, kami selalu senang melihat reaksi klien terhadap hasil kerja kami.

Q: Apakah pengalaman terburuk kalian saat membangun sebuah akuarium? Apa yang terjadi?

Wayde King: Pengalaman terburuk kami adalah mungkin saat kami sedang membangun akuarium berbentuk huruf L dengan kapasitas 4.000 galon air. Akuarium tersebut dilengkapi dengan akrilik setebal 4 inci dan kami membangunnya di toko kami. Saat kami sedang melakukan tes dan mengisi akuarium tersebut dengan air, lantai di warehouse lama kami ternyata tidak rata maka berat dari air mengakibatkan keretakan pada dasar akuarium, pada akhirnya 4.000 galon air dari dalam akuarium tersebut keluar dan membanjiri warehouse kami. Itu mungkin salah satu pengalaman terburuk yang pernah terjadi kepada kami. Namun semenjak kejadian tersebut kami menjadi lebih hati-hati saat mengisi air dan selalu memastikan lantai tempat peletakan akuarium tersebut rata.

Akuarium unuk berbentuk donut hasil karya Wayde King dan Brett Raymer.  

Begitulah perbincangan TalkMen bersama sang master dari dunia akuarium Wayde King yang merupakan co-founder dari ATM (Acrylic Tank Manufacturing) yang merupakan bintang dari TV show Tanked. Bagi Anda yang tertarik untuk menyaksikan 'Tanked' memulai musim ketiganya pada 7 Agustus 2013. 'Tanked 3' akan hadir di saluran TV Animal Planet setiap Rabu pukul pukul 21:00 WIB, dengan tayangan ulang setiap hari Kamis pukul pukul 09:00 dan pukul 15:00, hari Sabtu pukul pukul 14:00 dan hari Minggu pukul pukul 17:00.