Sekarang nyalurin hobi fotografi makin banyak jalurnya. Gak cuma hunting foto sendiri tapi juga bisa dengan ikutan klub fotografi yang mulai ada di beberapa kantor. Klub-klub semacam ini bisa bikin loe tambah semangat mengasah bakat juga teknik fotografi.

Kita punya program, mulai dari workshop, lomba antar anggota dan hunting (foto). Semua masih bersifat internal,” kata Heri, seorang karyawan di salah satu bank swasta nasional di Jakarta.

Klub yang berdiri Desember tahun 2008 itu, menurut dia, dibangun karena kesamaan hobi di antara anggota. Yah, mulai dari ngumpul bareng dengan rekan kerja lintas divisi yang seneng fotografi juga, akhirnya tercetus ide buat lebih serius dengan mendirikan bsm club photography. Tapi sepertinya kantor juga gak mau menyia-nyiakan kemampuan anggota klub fotografi ini soalnya mereka sering banget dilibatkan untuk dokumentasi kegiatan kantor.

Awalnya sama-sama hobi, dan akhirnya jadi berlanjut ke kebutuhan kantor,” lanjutnya.

Tapi khusus untuk tugas dokumentasi kegiatan kantor, Heri bilang kalo biasanya mereka menugaskan anggota yang sudah berpengalaman. Berawal dari cuma 10 anggota, kini bsm club photography udah berhasil merangkul 40 anggota dari berbagai divisi. Buat jadi anggota klub ini, gak ada persyaratan khusus sih atau mesti punya pengalaman fotografi.

Pemula juga bisa ikut. Yang pasti harus punya kamera, buat jepret-jepret aja, termasuk itu kamera saku,” ujarnya.

Untuk kegiatan hunting foto, klub ini gak menetapkan tempat khusus, tapi biasanya mereka menentukan temanya aja supaya bisa memudahkan anggota, jadi seperti tema landscape atau model.

DCS_7402

DCS_3729

landscape

DSC_6087

Hampir sama dengan Heri, A. Wijaya, karyawan sebuah perusahaan multinasional, juga termasuk anggota setia komunitas fotografi di lingkungan sebuah kantor. Gabung dengan Sarekat VIVAphoto ternyata membuat A. Wijaya bisa dapat manfaat lain dari sekedar having fun.

Biasanya sih kalo ngumpul-ngumpul kita sering diskusi, soal teknik (fotografi). Jadi (sharing) beberapa temen fotografer yang kebetulan menang lomba,” tuturnya.

Wijaya menggambarkan kalo Sarekat VIVAphoto lebih ke komunitas pecinta fotografi yang anggotanya terdiri dari fotografer jurnalis sampai mereka yang cuma biasa hunting foto. Yang pasti seru dan fun banget gabung di klub fotografi semacam ini. Jadi bisa nyalurin hobi sambil ngasah teknik fotografi apalagi ada klub yang gak bersifat eksklusif.