Seiring dengan makin banyaknya turis asing masuk ke Indonesia lewat jalur udara, kualitas bandara menjadi perhatian utama. Airport Service Quality (ASQ), program benchmarking bandara di dunia menganugerahkan 2 penghargaan untuk 2 bandara di Indonesia.

Airport pertama adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yang diberi gelar World Best Airport 2016 urutan ketiga. Penghargaan ini diberikan untuk kategori bandara dengan jumlah penumpang 15 sampai 25 juta per tahun.

Ini merupakan penghargaan kedua berturut-turut untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Setelah tahun lalu berhasil menyabet award yang sama dari program ASQ yang dibuat Airport Council International (ACI).

Selain Bali, Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, pun mendapat penghargaan sebagai 'The Most Improved Airport in Asia-Pacific 2016'. Penghargaan ini adalah yang pertama untuk Makassar sekaligus sebagai pembuktian bahwa mereka berhasil memperbaiki diri selama beberapa tahun terakhir.

Penghargaan kelas dunia ini tentu bikin bangga bro. Jadi para wisatawan asing nggak ragu lagi untuk berkunjung ke Indonesia lewat bandara-bandara yang sudah diakui eksistensinya ini.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan survey yang dilakukan setiap tahunnya oleh Airport Council International (ACI) kepada 600 ribu pengguna jasa bandara dalam 41 bahasa di 81 negara. Indikatornya banyak juga lho! Seperti kinerja, akses bandara, check-in, security screening, fasilitas belanja dan restauran, serta toilet.

Indonesia keren!