Talkmen.com --- Merencanakan liburan bukan hal sulit. Mencari celah waktu untuk berlibur sebetulnya bisa saja dilakukan. Anda mau atau tidak?

Solusinya sederhana: atur waktu, manfaatkan peluang, dan kantung Anda masih bisa bernapas lega.  
Jujur, gue enggak pernah sempetin diri berlibur. Tapi emang kerjaan gue sangat menuntut dedikasi yang luar biasa. Jujur, kadang gue ngerasa gue kerja, kerja, dan kerja terus buat apaan ya? Oke, gaji gue besar dan semua fasilitas bagus banget. Cuma ya tetep aja namanya manusia pasti ada titik jenuh dan gue enggak bisa dapetin sweet escape gue.” -Mr. X, 28 tahun, Community Manager-

Well, menyedihkan memang saat Talkmen berbincang dengan seorang kolega pada acara makan siang bersama beberapa waktu lalu. Sebegitu beratkah beban pekerjaan setiap orang saat ini, atau memang orang itu yang tidak pandai membagi waktu untuk menyeimbangkan kehidupannya? Mungkin kadar kesibukan setiap orang berbeda-beda, tapi tahukah Anda bahwa berlibur itu memang kewajiban untuk menyegarkan jiwa dan pikiran? Anggap saja tubuh dan otak Anda layaknya mesin yang harus beristirahat sejenak untuk mencegah kerusakan elemen di dalamnya.

Bukankah sewajarnya setiap orang yang bekerja itu berhak atas jatah cuti sebanyak 12 hari dalam setahun? Ada baiknya jika Anda betul-betul memakai jatah cuti itu untuk menyegarkan diri. Masalah perusahaan nantinya memberi cuti atau tidak, berarti kesalahan bukan ada pada diri Anda. Jika memang pekerjaan sangat menyita waktu, sebetulnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk berlibur walau singkat dan Anda tidak perlu mengambil cuti. Tapi untuk merencanakan liburan singkat seperti itu, Anda harus pandai dalam melihat setiap celah yang dapat dinikmati selama berada di sana. Sttt, liburan seperti ini ternyata cukup ramah untuk kantung Anda.Really?

Pelesiran ke gunung atau pantai dapat dilakukan walau waktu liburan Anda terbatas. Tidak percaya? Sumber: justthetravel.com

Rencanakan Jumlah Hari Pelesiran

Namanya juga liburan padat dan singkat, yang jelas liburan seperti ini tidak akan memakan waktu sampai satu minggu. Malah, maksimum hanya 4 hari! Lihat kalendar di dekat Anda sekarang. Intip ada berapa kali peluanglong weekend atau di bulan apa beban pekerjaan Anda kira-kira akan berkurang. Kalau betul-betul pekerjaan Anda serupa romusha di mana kata libur itu diharamkan, ambil waktu berangkat hari Jumat malam dan kembali Minggu sore. Cukup sederhana kan?

Tentukan Destinasi Yang Tepat

Melihat jumlah hari yang singkat, Anda akan dihadapkan pada pilihan tujuan destinasi yang paling tepat.Kalau Anda memilih berangkat hari Jumat malam sampai Minggu sore, berarti estimasi waktu liburan Anda hanya 60 jam. Jika beruntung, Anda akan mendapat jatah liburan selama empat hari dengan estimasi waktu berlibur 84 jam. Nah, berbekal jumlah jam liburan yang dikantongi, sekarang silakan tentukan ke mana tujuan sweet escape Anda.

Untuk lokasi, jelas pilihan Anda terbatas. Hindari perjalanan menuju ke tempat yang hanya akan menyita waktu Anda di perjalanan. Karena Indonesia luas, berarti daerah yang dapat Anda jangkau hanya sekitar pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok. Untuk menjamah wilayah Indonesia bagian timur, perjalanan akan memakan waktu lama yaitu sekitar lima sampai enam jam penerbangan. Untuk tujuan internasional, negara tetangga seperti Singapura atau Malaysia boleh masuk dalam daftar destinasi Anda karena waktu tempuhnya cukup singkat hanya satu sampai dua jam penerbangan.

Pilihan Aktivitas: Padat atau Santai?

Pilihan aktivitas ada dua, mau padat atau super santai terserah Anda. Esensi dari aktivitas traveling adalah penyegaran jiwa dan raga, aktivitas sepadat atau sesantai apapun pasti akan terasa menyenangkan. Untuk membuat aktivitas liburan yang padat, buatlah rincian pasti apa yang akan Anda lakukan selama berlibur. Kumpulkan informasi selengkapnya dari berbagai sumber agar Anda tidak mati gaya di sana. Tak perlu semuanya dilakukan, nanti dengan sendirinya Anda dapat memilah mana yang seru mana yang tidak. Kalau Anda memang menginginkan liburan yang penuh ketenangan, kumpulkan informasi di mana Anda dapat merasakan sentuhan alam yang sesungguhnya.

Tak perlu membawa barang secara berlebihan, yang penting berguna, nyaman, dan ringkas. Sumber: michaelhyatt.com

Pilih Alternatif Tempat Menginap

Pilihan hotel berbintang tidak harus selalu menjadi pilihan menginap saat Anda berlibur. Kini banyak tersedia butik hotel atau hotel bintang tiga dengan kelayakan fasilitas yang sangat baik. Keuntungan menginap di tempat seperti ini adalah harganya yang murah dan untuk lokasi biasanya terbilang strategis dengan pusat aktivitas atau objek wisata di daerah tersebut. Seperti Bali, dari Seminyak sampai Uluwatu kini banyak tersedia tempat penginapan murah tergantung aktivitas apa yang Anda cari di sekitar wilayah itu. Sekadar informasi, harga menginap semalam biasanya sekitar 400 ribu Rupiah, paling mahal satu juta Rupiah. Menarik bukan?

Bawalah Barang Seperlunya

Untuk menunjang segala aktivitas Anda selama berlibur, ada baiknya Anda membawa barang-barang yang memang sifatnya esensial digunakan untuk liburan. Pastikan travel stuffs seperti kamera, iPod, sunglasses, buku, sunblock, peralatan mandi, charger, atau passport, dan beberapa potong pakaian terbawa secukupnya. Untuk pakaian, pilihlah yang memang nyaman dipakai saat bersantai atau berjalan-jalan. Sementara untuk pilihan sepatu atau sandal, bawalah yang layak dipakai untuk berlibur tanpa membuat kaki lecet atau terasa pegal. Ada baiknya semua barang bawaan tadi dapat tertampung dalam satu cabin bag sehingga Anda tidak perlu berlama-lama menunggu bagasi saat tiba di tempat tujuan.

Simpan Uang Anda Lebih Banyak Lagi!

Untuk yang satu ini pertimbangannya sebagai berikut, karena waktu liburan terbatas, Anda secara otomatis akan memilih aktivitas yang pasti-pasti saja. Maksudnya? Saat Anda memiliki waktu berlibur lebih dari lima hari bahkan sampai dua minggu, peluang untuk melakukan kegiatan yang sifatnya tidak penting akan lebih besar. Di situlah biasanya uang Anda akan terkuras karena biaya tak terduga yang dibawa pasti terpakai. Maupun aktivitas yang Anda pilih terbilang padat, tetap saja pasti Anda akan strict pada jadwal yang telah direncanakan. Kegiatan yang dilakukan seseorang saat berlibur biasanya hanya terfokus pada tiga hal yaitu bersantai, kuliner, dan shopping(apalagi kalau traveling bersama pasangan). Coba pikirkan baik-baik!

Fokus Pada Makna Traveling Bagi Anda

Setelah mempersiapkan semuanya, mungkin Anda akan tersadar bahwa berlibur tidak harus mahal, apalagi sampai memakan waktu berminggu-minggu. Betul, karena kembali lagi, saat Anda mendapatkan waktu berlibur manfaatkanlah kesempatan itu untuk mengusir kepenatan walau hanya sejenak. Kalau Anda berani, matikan seluruh gadget yang Anda miliki atau setidaknya hidupkan perangkat komunikasi personal Anda. Sebagai saran, lupakan laptop Anda dan simpan baik-baik di laci meja saat pergi pelesiran. Percuma saja Anda sudah menyusun kegiatan berlibur yang begitu menyenangkan tapi tetap terganggu dengan dering telepon atau bom email. Ingat, hidup hanya sekali dan pekerjaan tidak bertanggung jawab penuh atas diri Anda sendiri!