Untuk menjaga sebuah pertandingan tetap berjalan adil bagi semua pihak yang bertanding, banyak peraturan biasanya dibuat untuk mencegah terjadinya kecurangan. Salah satu olahraga yang punya banyak peraturan adalah sepak bola.banner-ads

Wajar aja sih Bro, sepak bola adalah olahraga yang memungkinkan terjadinya kontak fisik dan melibatkan banyak orang sekaligus di atas lapangan. Salah satu peraturan yang sering memicu kontroversi dari sepak bola adalah peraturan tentang handball. Handball adalah sebuah pelanggaran ketika bola yang dimainkan menyentuh tangan pemain atau seorang pemain (selain kiper) nyentuh bola tersebut menggunakan tangan dengan sengaja.

Penerapannya yang kadang gak konsisten emang sering menyebabkan momen-momen kontroversial. Salah satunya adalah lolosnya Prancis ke Euro gara-gara gol yang dilesakkan Henry setelah dirinya melakukan Handball dan dua momen handball kontroversial ini, Bro.

Thierry Henry (Prancis vs Irlandia 2009)

 

Thierry Henry sebenarnya adalah pemain yang punya reputasi bagus di atas lapangan. Dirinya bukan pembuat onar atau tukang diving. Henry juga jadi salah satu pemain terbaik yang pernah bermain di Premier League. Tapi Bro, momen handball dirinya saat melawan Irlandia tepat sepuluh tahun lalu sedikit merusak reputasinya. Wasit tidak melihat tangannya menyentuh bola dengan sengaja, sehingga protes para pemain Irlandia tidak ditanggapi. Tapi mata kamera menangkap semua yang terjadi pada momen kontroversial itu. Henry pun gak langsung mengakui handball-nya di atas lapangan pada pertandingan tersebut.

 

Gerard Pique dan Samuel Eto’o (Chelsea vs Barcelona 2009)

Laga leg kedua semifinal Liga Champions tahun 2009 jadi salah satu momen paling memalukan dalam sepak bola. Wasit Overbo saat itu terlihat seakan memihak pada Barcelona karena keputusan-keputusannya. Pique dan Samuel Eto’o melakukan handball pada pertandingan ini tapi wasit memilih untuk tidak menindak mereka sama sekali. Kalau dua handball itu ditindak, Chelsea mungkin bakal kembali bertemu Manchester United untuk dua tahun berturut-turut di final Liga Champions. Sayangnya, Barcelona yang melaju ke final dan jadi juara pada tahun itu.

 

Diego Maradona (Argentina vs Inggris 1986)

Well, siapa pecinta sepak bola yang gak tau momen super kontroversial sekaligus bersejarah yang satu ini? Gol handball Diego Maradona yang kemudian diberi nama “Gol Tangan Tuhan” ini benar-benar memicu emosi banyak pihak saat itu. Wasit tidak memberi penindakan terhadap handball ini dan gol tersebut menambah keunggulan Argentina. Meski begitu, banyak orang yang memilih momen ini untuk tetap terjadi meskipun mereka punya kesempatan untuk memutar balik waktu. Soalnya, selain kontroversial momen ini juga dianggap sebagai salah satu momen paling ikonik dan bersejarah di dunia sepak bola.

Momen handball mana nih Bro yang bikin lo kesel saat nonton pertandingan sepak bola? Atau mungkin masih ada momen handball kontroversial yang seharusnya gue masukin ke list ini?